Bupati Bojonegoro Ingatkan Kades Agar Tak Mudah Berikan Surat Miskin Pada Warganya

oleh -43 views

SuaraBojonegoro.com РBupati Bojonegoro, Anna Muawanah menjelaskan dalam sambutannya pada acara membuka sekaligus memberikan pengarahan pada pembinaan aparatur desa di kecamatan kalitidu yang bertempat di pendopo kecamatan kalitidu (13/12/18), bahwa faktor kemiskinan diantaranya adalah 

Jika tidak punya akses permodalan,
Dijelaskan pula bahwa Pemkab Bojonegoro punya program pembiayaan pedagang produktiv. Sehingga dengan bantuan ini akan membantu para pedagang dalam mencari akses permodalan.

“Selain itu ada kartu petani produktif, untuk membantu para petani. Ada juga santunan kematian kepada keluarga yang kurang mampu, ” terang Bupati Anna.

Selain itu bupati Bojonegoro juga memperingatkan kepala desa untuk tidak dengan mudah memberikan surat keterangan miskin karena BPJS sudah ditanggung oleh pemkab Bojonegoro.

Dari data dari BPS mengatakan angka kemiskinan di Bojonegoro Turun 1,18% dari 14,78% menjadi 13.47%. “kedepan kita targetkan penurunan kemiskinan dalam 1 tahun itu 1,5%-2%.

“Penyumbang kemiskinan itu kesehatan, pendidikan dan akses ekonomi, Diantaranya adalah akses permodalan dimana dapat dilayani oleh BPR (Bank Perkreditan Rakyat) yang mana biaya administrasinya 0,5% setahun,” terang Bupati Anna. (Sas/SB)