90 Hektar Untuk Tanaman Jambu Merah di Margomulyo

oleh

SuaraBojonegoro.com – Disampaikan oleh Camat Margomulyo Kasmari, S.STP bahwa penanaman jambu merah diwilayah Margomulyo terdapat dilahan dengan luas 90 hektar dengan jumlah sebanyak 16 ribu Batang pohon jambu merah. Hal ini disampaikan saat Pelatihan Olahan Pangan Pasca Panen Jambu Merah. Senin (10/12/18).

“Jambu merah yang ditanam ini berada dilahan kerja sama dengan perhutani. Dalam penanaman ini dilakukan pada tahun 2015 dengan 16.000 batang dan pada tahun 2017 sudah mulai produksi,” Kata Camat Kasiman.

Pelatihan ini untuk mendorong desa kalangan yang merupakan Desa Agropolitan yang kebetulan dengan pengembangan jambu merah. Jambu merah ini ditanam dilahan seluas 90 hektar dan sudah ditanam dilahan 42 hektar dengan 16.000 batang.

Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal, menurunkan konsumsi pangan beras, memenuhi pola konsumsi yang beragam, bergizi, seimbang dan aman atau yang dikenal dengan B2SA dan untuk mengembangkan usaha olahan pangan berbasis pangan lokal untuk meningkatkan pendapatan keluarga, imbuh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro Drs. Suharto, MM.

Bupati Bojonegoro DR. Hj Anna Mu’awanah dalam sambutannya menyampaikan Lahan harus ditanam paling tidak harus 90% supaya KK yang ada di desa kalangan ini tertangani dengan baik. Bupati juga menyampaikan agar dinas ketahan pangan segera mensosialisaikan tentang security food seperti contohnya buah pisang diambil ketika belum matang dan dimatangkan dengan cara bantuan dari karbit, itu merupakan makanan yang tidak baik untuk kesehatan.

“Bagi yang mempunyai industri industri rumah agar mendaftarkan number IRT (Industri Rumah Tangga) melalui dinas kesehatan, karena dalam waktu dekat ini akan dikeluarkan perbub, supaya supermarket supermarket 50% merupakan komponen dari industri lokal, ” pungkas Anna.

Dalam acara tersebut dihadiri pula oleh Bappeda, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Camat Margomulyo, Forkopimca, Kepala Desa Kalangan dan Para Peserta Pelatihan. (SB/Lis)