Abidin Jelaskan Ancaman yang Coba Ganggu Pancasila

oleh

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H bersama Komunitas Jas Merah menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung KP-RI, Kelurahan Sumbang, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Minggu (9/12/2018).

Ketua Komunitas Jas Merah, Heriyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa prinsip perjuangan yang selalu menjadi nafas organisasi adalah berjuang sampai pingsan artinya berjuang dengan sangat sungguh-sungguh. “Itulah maknanya berjuang sampai pingsan yaitu berjuang dengan sekuat tenaga pikiran waktu dan seluruh yang kita punya demi mencapai cita-cita seperti yang dulu dilakukan para pendiri bangsa,” kata Heriyanto di gedung KPRI

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, H. Abidin Fikri, S.H., M.H selaku Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI. Di hadapan ratusan peserta ia menegaskan bahwa Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara, fondasi dan pandangan hidup negara Indonesia.
Abidin menjelaskan bahwa saat ini Pancasila tengah berada dalam ancaman eksternal dan internal.

“Ancaman eksternal yaitu degradasi ideologi dengan masuknya ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, NKRI dan Kebhinekaan, yaitu Khilafah Islamiyah dan Liberalisme. Ancaman internal dapat kita lihat dari maraknya berita hoax atau berita bohong yang bermaksud mengadu domba bangsa Indonesia,” terang Abidin di hadapan ratusan peserta.

Di akhir paparannya Abidin menjelaskan “kenapa kita mesti benar-benar memahami Pancasila dan tidak meninggalkan sejarah kelahirannya, agar kita dapat menangkal ancaman terhadap Pancasila, sehingga Kebhinekaan dan NKRI tetap utuh dan Bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju,” tegas Abidin. (Nik/Lis)