Melalui Pertunjukan Wayang Kulit Masyarakat Diharap Perkuat Keutuhan NKRI

oleh

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka memberikan pemahaman dan mengembangkan kesadaran tentang pembangunan karakter bangsa serta memupuk kembali identitas nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama H. Abidin Fikri, S.H., M.H selaku Anggota DPR RI Komisi IX menggelar acara dialog interaktif melalui media pertunjukan wayang kulit di Lapangan Desa Laju Kidul, Kec. Singgahan, Tuban, Minggu (2/12/2018).

Dalam sambutannya Ir. Deddy Hermawan, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan apresiasi atas antusiasme masyarakat yang memenuhi lapangan laju kidul untuk menyaksikan acara dialog interaktif melalui pertunjukan wayang kulit malam ini.

“Saya bersyukur dan senang berada di Desa Laju Kidul ini karena masyarakat sangat antusias dan sangat terlihat menghargai kebudayaan. Mari dengan kebudayaan seni wayang kulit ini kita pererat persaudaraan, gotong royong dan keutuhan NKRI,” ujarnya di hadapan ribuan masyarakat.

Sementara itu H. Abidin Fikri, S.H., M.H dalam sambutan pembukaan acara tersebut mengungkapkan bahwa melalui media pertunjukan wayang kulit ini kita berharap dapat semakin menghargai dan menghormati keberagaman. “Kebhinekaan harus dipelihara karena itu adalah kekayaan bangsa Indonesia, Wayang adalah bagian dari kekayaan bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting sejarah panjang bangsa kita. Bahkan UNESCO telah mengakui wayang sebagai warisan budaya dunia,” ungkap Anggota Komisi IX DPR RI itu.

Dalam segmen dialog interaktif di sela-sela pagelaran wayang, Direktur Informasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, DR. Wiryanta, MA, PhD. menyatakan bahwa kita harus melestarikan budaya kesenian tradisional seperti wayang di era kemajuan teknologi saat ini.

Ia menjelaskan bahwa Wayang kulit adalah media interaktif untuk memberikan pemahaman mengenai pembangunan manusia yang berkarakter kebangsaan. “Karakter itu dapat tercermin dari saling menghargai keberagaman, bagai taman bunga yang beraneka ragam warna. Indah karena keberagaman dan kerukunan,” ungkap Wiryanta.

Acara pertunjukan wayang kulit ini dimeriahkan oleh Dalang Sigit Aryanto dengan membawakan lakon “Anoman Maneges”. Turut hadir sebagai bintang tamu, Gareng dan Jolang yang berhasil mengundang gelak tawa para penonton yang hadir. (Zam/Lis)