Mahasiswa Dihimbau Pahami Kependudukan dan Bonus Demografi

oleh

SuaraBojonegoro.com – H. Abidin Fikri, S.H., M.H berpesan kepada ratusan mahasiswa Universitas Ronggolawe, Tuban untuk memahami momentum bonus demografi. “Bonus Demografi sangat dipengaruhi keberhasilannya oleh kualitas dan kuantitas penduduk,” kata Abidin di acara Sosialisasi Pengendalian Penduduk Bersama Mitra Kerja Tahun 2018 di Universitas Ronggolawe, Semanding, Tuban, Kamis (29/11/2018).

Lebih lanjut Anggota Komisi IX DPR RI menjelaskan bahwa ledakan penduduk harus diantisipasi dengan mengendalikan jumlah penduduk, dua anak cukup, serta ayo siapkan kualitas keluarga yang akan dibentuk kelak. Siapkan hari depan dengan keahlian, pengetahuan dan mengembangkan minat dan bakat.

Sementara itu, Suwahyu, MM selaku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak dan Keluarga Berencana Tuban menjelaskan bahwa jumlah umur yang produktif mencapai 50-70% menjadikan pengendalian penduduk tidak mudah.

“Maka peran KB tidak bisa diabaikan, KB bukan hanya alat kontrasepsi dari mulai hamil sampai meninggal dunia semua ada rencananya. Kita mulai dari remaja karena Indonesia emas dimulai dari usia muda/remaja.
Diharapkan smua mahasiswa Universitas Ronggolawe berwawasan kependudukan,” jelas Suwahyu.

Turut hadir sebagai Narasumber, Dra. Sofia Hanik , M.M. selaku Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN provinsi Jawa timur yang memaparkan mengenai pentingnya memberikan pemahaman tentang Kependudukan melalui pojok kependudukan. “Di pojok Kependudukan silahkan diakses oleh para mahasiswa untuk menggali pengetahuan mengenai kependudukan,” katanya. (Sas/Lis)