Ayo Gotong Royong Respon Masalah Kependudukan

oleh

SuaraBojonegoro.com – Para siswa diharapkan memprioritaskan pendidikan setinggi-tingginya demi masa depan yang baik dan berperan dalam pembangunan nasional. Pesan itu disampaikan H. Abidin Fikri, S.H., M.H saat Sosialisasi Pengendalian Penduduk Bersama Mitra Kerja Tahun di SMA Nurul Anwar, Montong, Jumat, (30/11/2018).

H.Abdin Fikri , S.H., M.H. yang juga Anggota Komisi IX DPR RI tersebut juga menyampaikan bahwa “Ada banyak program-program pemerintah yang meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, seperti ada dana PKH, Kartu Indonesia Pintar, Kattu Indonesia Sehat dsb,” jelas Abidin di hadapan ratusan siswa.

Sementara itu Titiek Sulistyo, SKM dari Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan KB Tuban menyampaikan “Untuk menghindari dampak negatif dari bonus demografi adalah dengan mempersiapkan generasi muda dalam aspek karakrer dan mental, pendidikan, kesehatan dan wawasan kependudukan,” kata Titiek.

Mempertegas hal tersebut, Uni Hidayati, S.T., M.M. selaku Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Menyampaikan bahwa penduduk di Jawa timur mencapai 39 juta lebih dan merupakan urutan kedua penduduk terbanyak di Indonesia. “Kita harus pahami jumlah penduduk yang banyak ini berakibat pada ruang hidup yang semakin sempit, banyak alih fungsi lahan, masalah urbanisasi di perkotaan dsb. “Maka semua elemen masyarakat harus gotong royong bersinergi merespon masalah kependudukan ini,” ajak Uni Hidayati. (Sam/lis)