Ini Pesan Abidin Fikri Agar Pancasila Tetap Hidup

oleh -21 views

SuaraBojonegoro.com – Dalam rangka memperkuat pemahaman ideologi Pancasila di kalangan masyarakat desa di Tuban, Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., MH menyampaikan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Ngrajeng, Grabagan, Tuban, Jumat (30/11/2018).

H. Abidin Fikri, S.H., M.H. menjelaskan bahwa pada era pasca reformasi sekarang ini, bangsa Indonesia mengalami apa yang disebut proses de-ideologisasi Pancasila. “Proses de-ideologisasi tersebut bisa dilihat dari bagaimana nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila kian hari terus tergerus dalam pertarungan ideologi fundamentalisme pasar dan fundamentalisme agama yang tengah bereksperimen secara agresif di tengah-tengah
masyarakat kita saat ini,” tutur politisi PDI Perjuangan itu.

Abidin mengajak agar rakyat atau semua pihak termasuk anggota legislatif, eksekutif dan yudikatif kembali memahami Pancasila. “Agar Pancasila menjadi ideologi yang hidup di tengah-tengah masyarakat, segenap komponen bangsa harus memliki keyakinan tentang kebenaran Pancasila, kemudian mempelajari, mengerti dan memahami hingga pada tahap mengamalkan dan menjalankannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” sambungnya di hadapan ratusan masyarakat Desa Ngrajeng.

Turut hadir dalam acara ini, tokoh masyarakat desa Ngrajeng, Tokoh Agama, dan para pemuda dari dari desa-desa di Kecamatan Grabagan. (Nik/Lis)