Jadikan Daerah Ujung Tombak Wisata

oleh

Oleh : Wawan Gunawan

SUARABOJONEGORO.COM – Belakangan ini pemerintah sedang giat- giatnya mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia. Tidak ketinggalan pula di beberapa daerah. Salah satunya di desa Rendeng kecamatan Malo Bojonegoro. Pemerintah desa setempat sedang mengembangkan sector pariwisata daerahnya yaitu Wisata Edukasi Gerabah, program tersebut didukung dengan sejumlah kekayaan alam di desa Rendeng yang dekat dengan Bengawan Solo.

Disamping itu, mewujudkan destinasi wisata edukasi tidak cukup sebatas menyiapkan sarana prasarana wisata, namun peran serta masyarakat merupakan ujung tombak kemajuan sebuah pariwisata. Di Wisata Edukasi Gerabah ini kita diajarkan tentang bagaimana cara membuat berbagai kerajinan tangan dari tanah liat, mulai dari tahap membentuk berbagai animasi hingga tahap akhir yaitu pewarnaan. Selain menghilangkan kepenatan, kita juga mendapat pengetahuan tentang cara pengolahan tanah liat yang bernilai jual.

Banyak inovasi-inovasi lainnya yang bias kita ciptakan untuk mengembangkan potensi wisata di wilayah kita agar di kenal masyakat luas, dan peran serta masyarakat setempat juga sangat penting untuk memajukan destinasi wisata, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan yang datang. Sehingga mereka merasa senang dan ingin berkunjung kembali. (**)