500 Siswa SMA/SMK Datangi Edukasi Filosofi Keris 

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – 

Sebanyak 500 siswa berbagai sekolah diantaranya SMA maupun SMK, mendatangi Festival Pusaka Nasional (FPN) yang memamerkan aneka pusaka, pagi sampai dengan sore ini (17/11/2018)

Para siswa ini sengaja mendatangi lokasi Edukasi Tosan Aji Lawewenang sebagai pusat edukasi bagi para siswa dalam mengenalkan warisan budaya yang dipunyai oleh masing-masing daerah yang ada di Indonesia terkhususnya budaya pusaka keris.

Menurut Yanto selaku Kabid. Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Bojonegoro, mengatakan bahwa Pameran keris ini juga sebagai ajang edukasi bagi siswa SMA/SMK bisa tahu bahwa keris itu sebuah mahakarya yang dalam pembuatannya memiliki filosofi, filosofi dengan manusia, filosofi dengan agama dan filosofi dengan negara, ungkapnya

“Eduskasi ini diberikan agar siswa terus bisa menjaga dan mencintai benda bersejarah sebagai adat kebudayaan,” tandas Yanto.

Nampak siswa SMA/SMK begitu semangat mengikuti edukasi pembejaran perihal pusaka serta budaya lainnya, bahkan beberapa siswa cukup antusias dengan melontarkan beberapa pertayaan. Usai mengikuti materi siswa diajak melihat berbagai koleksi pusaka keris yang dipamerkan.

Citra Siswa SMAN 1 Bojonegoro mengatakan edukasi budaya pusaka keris sangat menarik bahkan setiap keris itu mempunyai arti dan pembuatanya pun sangat memerlukan waktu agar menghasilkan sebuah keris yang baik.

“Tidak hanya itu, keris ini juga merupakan cagar budaya yang perlu untuk dilestarikan,” tambah siswi kelas X SMAN 1 Bojonegoro. (Nik/Lis)