Abidin Harap Masyarakat Bulurejo Paham Pentingnya JKN dan Keluarga Berencana

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Dalam rangka memastikan keberhasilan program kependudukan dan kesehatan di Tuban, Anggota Komisi IX DPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H bersama BKKBN Jawa Timur menggelar Sosialisasi dan Promosi Pelayanan KB Berkualitas Era JKN dengan Mitra Kerja Tahun 2018 di Desa Bulurejo, Kec. Rengel, Tuban, Kamis (15/11/2018).

H. Abidin Fikri, S.H., M.H. mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari tugasnya sebagai anggota DPR RI Komisi IX, yaitu dalam konteks pengawasan terkait program Keluarga Berencana dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Saya harus memastikan anggaran BKKBN dan JKN benar-benar dipergunakan sesuai peruntukannya. Saya berharap melalui agenda ini masyarakat di Desa Bulurejo dapat memahami pentingnya program KB dan pentingnya menjadi peserta JKN atau BPJS Kesehatan,” jelas Abidin.

“Bagi warga peserta JKN atau BPJS Kesehatan atau KIS dapat mengakses secara gratis pelayanan KB di Puskesmas dan Rumah Sakit. Saya harap kualitas keluarga di Tuban akan semakin baik, semoga lahir dan tumbuh anak-anak yang unggul berprestasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia,” harap Abidin.

Senada dengan Abidin, Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc. atau yang biasa disapa Dani mengatakan bahwa semua jenis pelayanan kontrasepsi atau KB sudah dijaminkan oleh BPJS Kesehatan.

Dani menjelaskan “saat ini yang perlu diperhatikan para keluarga adalah mengatur jarak kelahiran. Mari beri kesempatan ibu membesarkan anak dengan baik. Berilah ASI eksklusif minimal hingga usia 6 bulan. ASI Penting bagi gizi anak,” papar Dani.

Di akhir pemaparannya Dani berharap kepada seluruh Puskesmas di Tuban, khususnya di Rengel agar menjaga kualitas pola pelayanan KB sedangkan untuk pelayanan KB di Rumah Sakit hanya yang bersifat rujukan, termasuk Metoda Operasi Wanita (MOW) atau tubektomi, sedangkan pada pria Metoda Operasi Pria (MOP) atau vasektomi.

Sementara itu, Heny Trianawati, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Kantor Cabang BPJS Bojonegoro -Tuban menjelaskan peran BPJS Kesehatan terkait Keluarga Berencana.

“BPJS Kesehatan perannya adalah menjamin biaya pelayanan KB bagi peserta JKN sehingga tidak perlu lagi para peserta mengeluarkan biaya,” jelas Heny di hadapan ratusan masyarakat Bulurejo.

Menyikapi banyak masyarakat yang belum menjadi peserta JKN, Heny menghimbau warga agar segera mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan dan bagi warga tidak mampu, Heny berharap agar aparat desa pro aktif mendata warga yang miskin dan tidak mampu agar dapat didaftarkan ke Dinas Sosial Kabupaten Tuban. (Sb/Lis)