Abidin Ajak Masyarakat Desa Ngandong Gunakan BPJS Kesehatan untuk Ber-KB

oleh -26 views

SUARABOJONEGORO.COM – Dalam rangka meningkatkan kepesertaan Keluarga Berencana di Tuban, Anggota Komisi IX, H. Abidin Fikri, S.H., M.H menyelenggarakan Sosialisasi dan Promosi Pelayanan KB Berkualitas Era JKN dengan Mitra Kerja Tahun 2018 di Desa Ngandong, Kec. Grabagan, Tuban, Kamis (15/11/2018)

Di hadapan ratusan masyarakat Desa Ngandong H. Abidin Fikri, S.H., M.H memaparkan bahwa saat ini pelayanan KB di Puskesmas atau Rumah Sakit bebas biaya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) . “Pelayanan KB gratis bagi peserta JKN atau pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau Kartu BPJS Kesehatan,”

Politisi PDI Perjuangan itu berharap melalui pertemuan ini keluarga bapak-ibu mulai bermusyawarah antara suami istri, bagi yang belum KB, ayo segera mengakses program KB dengan membawa kartu KIS/BPJS Kesehatan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang keluarga berencana dan kesehatan reproduksi BKKBN Provinsi Jawa Timur, Waluyo Ajeng Lukitowati, Sst. MM. atau yang akrab disapa Bu Luki. Luki dalam sambutannya
Ia mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kesertaan ber-KB masyarakat. “Prestasi Jawa Timur adalah angka kelahirannya rendah yaitu 2.1. Itu termasuk berprestasi. Ayo kita tingkatkan kualitas keluarga berencana khususnya di Desa Ngandong ini,” jelasnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc. Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat menjelaskan bahwa penting untuk menjaga jarak usia anak. “Jarak usia anak pertama dan kedua minimal tiga tahun. Supaya anak yang lahir dapat kesempatan tumbuh dan berkembang secara baik. Dan saya himbau kepada para kaum muda tidak nikah usia dini,” Tegasnya.

Turut hadir sebagai narasumber, BPJS Kesehatan Bojonegoro-Tuban
Dwi Riani Oktavia Palupi, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kab. Tuban. Dwi memaparkan bahwa
tugas BPJS kesehatan adalah menjamin biaya pelayanan KB, untuk alat didistribusikan oleh BKKBN ke Puskesmas dan Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dwi mengatakan “kesehatan adalah perhatian utama. Targetnya semua penduduk jadi peserta JKN. Pemerintah sangat peduli. Mari jadi peserta JKN dan ber KB,” katanya.

Turut hadir dalam acara ini Supriyono, SKM. M.M, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB, Kepala Desa Ngandong, Suiswanto dan para tokoh masyarakat Grabagan. (SB/Lis)