Abidin: Pastikan Layanan Keluarga Berencana (KB) Gratis dengan JKN

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan KB di era Jaminan Kesehatan Nasional, H. Abidin Fikri, S.H., M.H selaku Anggota Komisi IX DPR RI bersama BKKBN Jawa Timur menyelenggarakan Sosialisasi dan Promosi Pelayanan KB berkualitas Era JKN Bersama mitra Kerja Tahun 2018 di Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, Rabu (14/11/2018).

Abidin menjelaskan bahwa, “Pelayanan Kesehatan yang berkaitan dengan KB saat ini dijaminkan oleh BPJS Kesehatan. Masyarakat sekarang ini tak perlu kuatir lagi untuk mengakses Program KB karena gratis,” ujar Anggota Komisi IX DPR RI asal daerah pemilihan Bojonegoro-Tuban tersebut.

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan kini Biaya pelayanan KB ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sedangkan alat kontrasepsi disalurkan ke berbagai Puskesmas oleh BKKBN.

Dalam kesempatan yang sama Waluyo Ajeng Lukitowati, Kepala Bidang keluarga berencana dan kesehatan reproduksi BKKBN Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa sekarang Jika masyarakat punya kartu KIS/BPJS Kesehatan maka mendapatkan pelayanan KB gratis. “Penting untuk ikut KB di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) karena capaiannya adalah untuk meniadakan gizi buruk, stunting demi terciptanya generasi yang berkualitas di hari depan Indonesia, khususnya di Bojonegoro,” ujar Ibu Luki sapaan akrab beliau di hadapan ratusan masyarakat Desa Bulu.

Dalam kesempatan yang sama Pihak BPJS Kesehatan KC Bojonegoro-Tuban yang diwakili oleh Heny Trianawati, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer menjelaskan bahwa Pelayanan KB yang memerlukan penanganan dan tindakan medis yang dilakukan oleh ahli atau dokter dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan. “Semua alat kontrasepsi dasar telah disediakan oleh BKKBN dan layanannya di Puskesmas bebas biaya bagi seluruh peserta JKN/KIS/ BPJS Kesehatan,” jelas Henny. (Sb/Lis)