Abidin Fikri Ajak Masyarakat Manfaatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan KB dan Deteksi Penyakit

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Ratusan masyarakat desa Sumberbendo, Bubulan, Bojonegoro , Anggota Komisi IX DPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H mengatakan bahwa jumlah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola BPJS Kesehatan di Indonesia adalah yang terbesar di dunia yaitu mencapai 203,8 juta jiwa. “Ini bukti keseriusan pemerintah Joko Widodo untuk memberikan pelayanan dasar bagi rakyat, dimana jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang ditanggung oleh Negara mencapai hingga 96,8 juta orang pada tahun 2019. Idealnya semua rakyat ditanggung. Tapi masyarakat juga harus jaga pola hidup sehat,” jelas Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Abidin juga mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan dan berpesan agar sosialisasi kepesertaan oleh BPJS Kesehatan gencar dilakukan di desa-desa.

“Saya berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan JKN untuk pelayanan KB dan deteksi dini penyakit, misalnya dalam konteks ini adalah Kanker Serviks. “Ibu-ibu dapat test Pap Smear untuk deteksi dini kanker serviks ke Puskesmas atau Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ajak Abidin.

Ajakan itu ia sampaikan pada saat Sosialisasi dan Promosi Pelayanan KB berkualitas era JKN di hadapan ratusan masyarakat Desa Sumberbendo, Kec. Bubulan, Bojonegoro, Selasa (13/11/2018).

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Heny Trianawati, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Kantor Cabang BPJS Bojonegoro -Tuban mengatakan bahwa, “BPJS Kesehatan kini melakukan penjaminan jasa pemasangan alat KB. Jasa pelayanan dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. Ibu-ibu juga dapat memeriksakan atau deteksi dini kanker serviks atau Pap Smear,” terang Heny.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Yenrizal Makmur dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa kaitan Pelayanan KB dengan era JKN adalah setiap warga peserta BPJS Kesehatan mendapat perlindungan dan layanan dasar kesehatan termasuk KB. “Pelayanannya dibayar oleh JKN dan gratis, sedangan Alat Kontrasepsi disediakan BKKBN,” jelas Yenrizal.

Turut hadir dalam acara ini, Endah Susilorini, SKM. MM.Kes dari Kepala Bidang KB Dinas P3AKB Kab. Bojonegoro, Camat Bubulan dan Tokoh Masyarakat di Desa Sumberbendo. (SB / Lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.