SDN Pejambon Manfaatkan Lima Ribu Botol Bekas Menjadi Pot Bunga

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Suasana rindang dan nyaman sangat terasa di SDN Pejambon kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegro memanfaatkan limbah botol minuman ( Recycle ) limbah Botol menjadi hiasan dan Pot bunga dilingkungan Sekolah.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Sekolah SDN Pejambon Hj. Siti Astutik saat persiapan Visitasi lapangan pada Rabu/24/10/2018 darin Tim Gerbang Bojonegoro Bersinar ( GBB ) dari Dinas lingkungan Hidup kabupaten Bojonegoro.

“Kami bertujuannsebanyak banyaknya daur ulang limbah botol bekas minumn, dan dalam waktu dekat ini kami mentargetkan lima ribu botol untuk di daur ulang menjadi hiasan dan Pot bunga,” ujarnya bangga.

Kepala Sekolah yang agak cemas namun tetap tersenyum “Alhamdulillah hari ini telah tercapai 3917 botol bekas yang telah dimanfaakan untuk pot bunga dan hiasan Gapura Sekolahan ” pungkasnya saat meyambut tim GBB Bojonegoro itu.

Selain daur ulang sampah botol, SDN Pejambon juga melakukan Daur ulang sampah plastik bungkus menjadi tas belanja dan kerajinan bunga.

Disamping melakukan daur ulang SDN pejambon juga melakukan gerakan menanam pohon dan bunga bersama murid dan walimurid untuk menciptakan udara sejuk dan dingin guna mengantisipasi pemaanasan global bumi.

Zainal Mutaqin mengatakan bahwa Menanam pohon dan bunga tidak hanya program saja namun telah menjadi gerakan sadar lingkungan sekolah, dan itu diarsipkan juga dalam penilaian raport siswa ( sayang lingkungan ) , bagaimana memanfaatkan botol bekas, menanam, merawat, memelihara juga menangani sampah di akhir visitas itu.

“Masih ada lagi sesuatu yang menarik selain daur ulang dan sayang lingkungan, SDN Pejambon juga membuat inovasi minuman dari buah mengkudu dengan nama “Kopi Mengkudu” yang tidak hanya segar namun bermanfaat untuk kesehatan, silahkan dicoba ” kata Gampang Prawoto Guru SDN Pejambon sekaligus budayawan Bojonegoro. (SB/Lis)