Pria Di Baureno Ini 10 Tahun Menderita Penyakit Di Kaki Hingga Membesar

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Sumari (46) warga Dusun Panasan Desa Bumiayu RT/RW 08/04 Kecamatan Baureno Bojonegoro, hanya bisa tergolek diatas tempat tidur lantaran penyakit semacam tumor di kaki pahanya. Rabu (24/10/18).

Menurut keterangan Mahfud salah satu keluarganya menyatakan bahwa penyakit tersebut sudah dideritanya sejak 10 tahun silam. Dengan penyakit yang dideritanya tersebut Sumari tetap bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarganya.

“10 tahun lalu ia pernah terjatuh saat kerja sebagai kuli bangunan, tapi tidak pernah dirasa dan terus bekerja meski dengan kondisi kaki tertatih,” katanya.

Akhirnya, Sumari baru benar-benar tergolek tak berdaya 3 tahun belakangan ini. Hal itu akibat bekas luka di kakinya makin parah dan membesar sehingga membuat Sumari tak bisa jalan.

“Sudah tak mampu lagi bekerja karena pahanya makin membesar dan mengeluarkan nanah berbau tak sedap. Selanjutnya yang mencari nafkah hanya istrinya saja,” ujarnya.

Selain menderita penyakit, keadaan ekonomi yang minim membuat kedua anak Sumari yang masih duduk dibangku Sekolah terancam suram.

“Si sulung yang bersekolah di MTs Yaspira Desa Tulungagung Baureno saat ini seringkali tak masuk sekolah karena harus membantu cari nafkah dengan ikut jualan tetangganya, sementara yang kecil juga terpaksa sering bolos karena tak punya uang jajan,” jelasnya.

Ditanya apakah sudah ada pihak-pihak yang mengulurkan bantuan? Pemuda ini hanya mengangguk pelan. Ia menyebut, jika bantuan tersebut adalah swadaya dari para tetangga terutama para pemuda yang peduli dan urunan semampunya.

“Ya kalau bantuan semampu kita mengumpulkan dana para tetangga terutama dari para pemuda yang ikut organisasi silat di sini. Tak banyak, mungkin hanya untuk menambah beli sembako, tapi alhamdulillah masih banyak yang peduli nasib sesama,” terangnya.

Ia juga menambahkan, saat ini Sumari juga telah dibantu pihak Pemerintah Desa dan diobatkan ke Puskesmas Baureno lantaran kondisi darahnya drop hingga membuat Sumari sempat kolaps.

“Pihak Pemdes Bumiayu juga proaktif. Tadi pagi Kak Sumari drop dan langsung dilarikan ke Puskesmas dan akhirnya dirujuk ke RSUD Bojonegoro untuk perawatan penyakitnya itu,” ucapnya.

Pihak keluarga dan sejumlah kerabat dan tetangga Sumari mengharapkan ada pihak terkait yang mau peduli dan turun mengulurkan bantuannya demi kesembuhan pria yang dikenal sebagai pekerja keras dan tanggung jawab terhadap anak istrinya tersebut.

“Mudah-mudahan ada yang mau membantu terutama untuk pendidikan anak-anak Sumari agar masa depannya tidak suram. Semoga Bupati Bojonegoro mengetahui hal ini dan turun langsung untuk memberikan solusi rakyatnya yang susah,” pungkas Fuad, salah satu warga setempat. (Bim/red).

Repoeter : Bima Rahmat