Media Pembelajaran Inovatif di MTs Bahrul Ulum

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilakukan oleh kelompok Dosen IKIP PGRI Bojonegoro di MTs Bahrul Ulum Bulu Kecamatan Balen Bojonegoro, Senin, (10/09/2018).

Acara dengan tema “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran 3D dengan Memanfaatkan Media Pop Up dan Aplikasi “Momentcam Kartun & Stiker” ini diikuti oleh 13 Guru MTs.

Juru Bicara tim PKM, Taufiq Hidayat, M.Pd. menuturkan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan kepada guru mengenai cara mengoperasionalkan aplikasi momentCam dan membuat media pembelajaran 3D melalui pop-up.

“Tujuan kegiatan ini agar guru memiliki keterampilan dalam membuat media 3D dan mengaplikasikannya di dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna, ” Kata Taufiq.

Hasanudin, menjelaskan bahwa kegiatan ini juga untuk sharing tentang kiat-kiat atau cara mengoperasionalkan aplikasi momentCam dan juga cara membuat media pop-up, dengan mengikuti kegiatan ini.

“Kami berharap dengan kegiatan ini guru dapat memiliki keterampilan baru untuk menghasilkan media pembelajaran alternatif seperti pop-up sehingga pembelajaran dikelas menjadi lebih menyenangkan dan bermakna, ” Terang Zaenudin.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, terdiri dari penyampaian materi dan praktek pembuatan media. Produk yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah Media POP-UP atau sering dikenal dengan media pembelajaran 3D. Semua peserta mampu membuat media secara mandiri setelah memperoleh materi dan demontrasi.

Peserta terlihat bersemangat mengikuti pelatihan. Perwakilan peserta mengaku sangat terbantu dengan pelaksanaan pelatihan ini dan berharap ke depan ada lagi materi tentang media pembelajaran yang inovatif di sekolah mereka. (Lis)