Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Di Undur

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Bupati dan Wakil Bupati terpilih Anna Muawanah dan Budi Irawanto yang dijadwalkan pada tanggal 20 Sepember 2018 diundur empat hari yakni 24 September 2018. Diundurnya jadwal tersebut dikarenaka pada tanggal 20 Sepember tersebut berbenturan dengab penetapan calon legislatif DPRD Kabupaten dan Kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD termasuk penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Jumat (07/08/18).

“Rencana pelantikan yang sudah dijadwalkan oleh Pemprov Jatim itu, akhirnya dibatalkan atau diundur karena adanya penetapan caleg, DPD dan Capres-Cawapres,” kata calon Bupati terpilih Anna Muawanah.

Ditambahkannya, ada 13 bupati – wakil bupati dan Wali kota – Wakil wali kota Se-Jawa timur, yang bakal dilantik secara bersmaan oleh Gubernur Jawa timur Soekarwo, yakni, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso dan Kota Malang.

Dari data yang dihimpun suarabojonegoro.com, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro, terpilih tersebut serentak diselenggarakan dengan 12 Kota lainnya diantaranya adalah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso dan Kota Malang.

“Senin tanggal 24 September 2018 pagi dilantik, malamnya diadakan Tasyakuran di Pendopo Pemkab Bojonegoro, dengan menampilkan berbagai kesenian dan disediakan makan dan minum gratis layaknya pesta rakyat,” ujarnya.

Adapun pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih se Jawa Timir tersebut diselenggarakan dalam 4 tahap yakni Kabupaten dan Kota dilantik ditahap pertama. Sedamgkan pada tahap ke dua diselenggarakan pada tanggal 20 September 2018, yang masa jabatanya habis tanggal 21 September hingga 20 Desember 2018, yakni, Kabupaten Jombang dan Kota Mojokerto.

Pelantikan tahap ketiga bakal diselenggarakan tanggal 14 Maret 2019, adalah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota, wakil Wali Kota, yang habis masa jabatanya tanggal 21 Desember 2018 hingga 14 Maret 2019. Dalam pelantikan ini, hanya diikuti satu yaitu Kota Probolinggo.

Pelantikan tahap keempat bakal dilaksanakan besok 6 Juni 2019. Pelantikan diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota, wakil Wali Kota, yang habis masa jabatanya tanggal 15 Maret 2019 hingga 6 Juni 2019. Dalam pelantikan tahap keempat ini, diikuti oleh Kota Kediri dan Kota Madiun. (Bim/red).

Reporter : Bima Rahmat