Guru di Bojonegoro Terpilih Jadi Guru Kemitraan di Papua

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Guru dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bojonegoro, terpilih mengikuti kegiatan guru program kemitraan. Guru tersebut adalah Abdul Jalil, seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tersebut.

Ia ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menjadi salah satu Instruktur Nasional Pembelajaran di Sekolah yang ada di Provinsi Papua.

Guru tersebut terpilih ditunjuk langsung oleh Kementerian pusat. Di Provinsi Jawa Timur tidak hanya dia saja, ada 5 guru perwakilan dalam program kemitraan ini.

“Saya terpilih Mungkin karena rata-rata UN SMAN 1 Bojonegoro dan nilai uji kompetensi guru (UKG) yang tinggi,” kata Jalil saat ditemui SuaraBojonegoro.com.

Pria lulusan S2 Universitas sebelas maret (UNS) Surakarta menuturkan, untuk saat ini ia belum bisa menerka persiapan apa yang harus dilakukan, pasalnya belum mengetahui kearifan lokal di Papua seperti apa. Karena, belum bertemu perwakilan dari Papua.

“Sebelum menjalani program kemitraan itu, rencananya kami akan dipertemukan dulu dengan guru dari Papua, namun untuk jadwalnya belum tahu,” kata dia.

Guru yang mengawali profesinya 23 tahun lalu ini mengatakan, bahwa program kemitraan ini baru pertama kali bagi SMAN 1 Bojonegoro. Program ini nanti akan dilaksanakan cukup lama.

“Rencananya pendamping program guru kemitraan akan berlangsung selama 2 tahun setengah,” jelas Jalil.

Dengan terpilihnya untuk program guru kemitraan ini, ia berharap bisa menjalankan tugasnya dengan baik. (nuf/yud)

Reporter : Ulul Furqon

Editor : ME Wahyudi