Saat Daun Mangga Diolah Menjadi Minuman Segar

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Dengan memanfaatkan daun mangga, Warga RT 05 Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, mampu menciptakan minuman segar.

Selain itu, minuman dari daun mangga ini juga memiliki khasiat. Diantaranya, membantu menurunkan hipertensi, bisa membantu mengatasi gangguan pada empedu dan batu ginjal, menyehatkan pencernaan, dan kaya antioksidan.

Ketua RT 05 Desa Ngumpakdalem, Paiman, mengatakan bahwa produk inovasi seharusnya memanfaatkan sesuatu yang belum banyak dimanfaatkan oleh orang lain dan salah satunya adalah daun mangga.

“Salah satu inovasi adalah memanfaatkan daun mangga, dan Desa Ngumpakdalem mengolah daun mangga menjadi minumah segar,” katanya, Minggu (2/9/2018).

Sementara itu, Ketua Tim Produksi Sari Damang (Daun Mangga), Suhartini, menjelaskan bahwa pohon mangga adalah jenis tanaman peneduh yang banyak ditemui di Indonesia khususnya di tanah Jawa.

“Buah mangga merupakan buah tropis yang menjadi salah satu favorit masyarakat karena lezat dan kandungan nya yang sangat bermanfaat. Sementara daun mangga belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Cara pengelolaan daun mangga menjadi minuman, daun dipotong dengan meninggalkan urat daun utama (bagian tengah). Hal tersebut dilakukan untuk menghindari getah.

Setelah dipotong, dicuci bersih dan dicincang kecil, direbus selama 20 menit. Setelah itu diangkat dari kompor dan disaring, ditambahkan gula sesuai selera.

“Perkemasan dijual dipasaran dengan harga Rp 5 ribu,” pungkasnya. (bim/yud)

Reporter : Bima Rahmat

Editor : Wahyudi