Manifestasi Rasa Syukur, Warga Desa Sarangan Adakan Sedekah Bumi

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang pencipta, warga Desa Sarangan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro menggelar acara sedekah bumi, Kamis (30/8/2018)

Sedekah Bumi digelar didepan Cungkup pemakaman desa setempat, dan acara dimulai setelah isya’ pukul 20.00 Wib. Pembukaan pertama diisi dengan bacaan surat yasin kemudian dilanjut tahlil bersama. Sebelum pengajian dimulai, acara tahlil ditutup dengan doa.

Menurut ketua panitia, Fuad Hasan mengatakan, sedekah bumi tersebut merupakan manifestasi rasa syukur masyarakat Desa Sarangan, khususnya RT III, terhadap berkah yang mereka terima.

“Sedekah bumi ini dulunya merupakan tradisi yang sudah dilakukan rutin oleh masyarakat, namun sempat fakum, dan ini yang kalikedua dilakukan oleh warga sebagai wujud rasa syukur warga Desa Sarangan atas berkah dan rezeki yang diberikan oleh Allah,”katanya

Murtaib menambahkan, kegiatan tersebut sekaligus memberikan rasa kegotongroyongan, untuk meningkatkan kerukunan dan keharmonisan antar warga yang selama ini terjalain.

Ceramah keagamaan juga diberikan kepada masyarakat. “Selain pengajian dan pembacaan tahlil, sebagai wujud syukur, selesai ceramah keagamaan, kami lanjutkan baca ayat suci Alqur’an semalam suntuk,” ujarnya.

Sedekah bumi tersebut sekaligus sebagai wujud rasa syukur telah direnofasinya bangunan cungkup yang ada di Desa setempat yang terletak paling ujung sebelah barat tempat pemakaman umum (TPU) Desa Sarangan. (bim/yud)

Reporter : Bima Rahmat

Editor : Wahyudi

No More Posts Available.

No more pages to load.