Kirab Linggo Yoni dan Gunungan di Sedekah Bumi Eyang Manis Desa Campurrejo

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Tiga dusun di desa Campurejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro, diantaranya adalah Dusun Pohagung, Dusun Mlaten dan dusun Plosolanang, berpartisipasi dalam meramaikan Kirab Lingga Yoni dan Gunungan dalam rangka sedekah bumi “Eyang Manis” di desa setempat, Kamis (30/8/18).

Dalam arakan kirab tersebut juga diikuti oleh Rombongan yang terdiri dari Kepala Desa, jajaran Pemdes, Ketua RT/RW dan warga Desa Campurejo. Mereka berangkat bersama-sama dari Balai Desa Campurejo menyusuri sepanjang jalan Lisman menuju Tempat Pemakaman Umum desa Campurejo atau Pesarehan Eyang Manis.

Selain itu dalam acara Kirab ini juga menampilkan beberapa pertunjukan seni tradisional diantaranya seni Bantengan Nuswantara dan seni Oklik yang mana seluruh talent atau pemain di isi oleh anggota karang taruna desa Campurejo atau lebih dikenal dengan sebutan Paguyupan Wong Pohagung.

Kirab dan sedekah bumi ini bertujuan sebagai bentuk wujud syukur warga desa Campurejo kepada Tuhan YME atas segala keberkahan yang telah diterima dalam satu tahun ini, dan untuk terus melestarikan kebudayaan Jawa.

Kirab dan sedekah bumi ini akan terus diadakan dan dilestarikan oleh Pemdes Campurejo dengan dijadikan sebagai event tahunan. (*)

Oleh : Lindah Ayuningtyas