38 Dosen Bojonegoro Lamongan Ikuti Pelatihan Pekerti

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Sebanyak 38 dosen dari Bojonegoro dan Lamongan, mengikuti pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII bekerjasama dengan Universitas Bojonegoro, Senin (27/8/2018).

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung Mayor Sogo, Universitas Bojonegoro dan akan berlangsung selama 5 hari ke depan.

Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso, S.Sos, M.Si, mengawali kegiatan dengan memberikan sambutan, dalam sambutannya ia mengharapkan agar seluruh peserta dapat menyerap banyak ilmu dalam pelatihan ini.

“Tentu kita harapkan agar para dosen yang ikut pelatihan, dapat mengetahui teknik belajar mengajar dengan benar, akan beda ketika dosen belum pernah mengikuti pelatihan Pekerti ini,” ungkap Mas Arief.

Sementara itu, dalam pelaksanaan siang tadi pelatihan diisi oleh narasumber Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si, dari LLDIKTI Wilayah VII.

Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si, menjelaskan pentingnya pelatihan Pekerti ini dilalui oleh para dosen, khususnya para dosen muda. Ia menyebutkan, dosen diharapkan bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, yakni mampu mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal.

“Dosen harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, harapannya agar mampu menumbuhkan potensi dari mahasiswa secara keseluruhan, baik potensi intelektual, akademik, psikomotorik serta soft dan hard skill-nya,” ujarnya.

Untuk itu, dalam pelatihan Pekerti ini para dosen diharapkan mampu memiliki kompetensi profesional, sosial, personal, dan pedagogik yakni mampu mendesain proses pembelajaran yang efektif, dimana mahasiswa bisa mengekspresikan potensi sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

“Kebanyakan dosen hanya mengajar bukan mengembangkan potensi, tugas dosen itu bukan hanya mengajar tapi mengembangkan potensi dari mahasiswa, kita menyebutnya dengan mendidik,” pungkasnya.

Acara pelatihan secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Bojonegoro, Slamet Kyswantoro, SE, MM, dan dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Universitas Bojonegoro dengan LLDIKTI Wilayah VII. (lis)

No More Posts Available.

No more pages to load.