Sisi Lain Pembukaan KKM IKIP PGRI Bojonegoro Desa Purwoasri

oleh -48 views

SUARABOJONEGORO.COM – Mahasiswa kelompok 6 IKIP PGRI Bojonegoro melaksanakan acara pembukaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Purwoasri yang merupakan desa yang ditunjuk untuk pengabdian masyarakat dari pihak kampus, Minggu (26/8/2018) pagi.

Acara tersebut dilakukan di balai desa setempat dengan tema ‘Mewujudkan Masyarakat Cinta Lingkungan dan Menciptakan Mutu Pendidikan Melalui Pengabdian Tanpa Batas’. Memang untuk KKM sendiri sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa semester akhir dan menjadi pengganti mata kuliah semester 7 dI kampus IKIP.

Acara ini dihadiri Kepala Desa Purwoasri beserta perangkatnya, Ketua BPD, Bapak Kasun, RW serta Bapak/Ibu RT setempat. Rangkaian acara dikemas secara sederhana dengan mengutamakan sisi keluargaan antara mahasiswa KKM dengan warga Purwoasri.

Ada sisi lain yang menginspirasi di acara pembukaan KKM IKIP di desa Purwoasri ini. Seluruh tamu undangan hadir dengan kompak setiap dusun dan kepala dusun (Kasun) menginstruksikan untuk wajib hadir. Apabila tidak hadir, segera dipanggil dengan datang di rumahnya.

Apabila ada undangan dari Dusun lain yang belum datang, semua menunggu dengan tabah sampai semua lengkap dan hadir. Aacara pembukaan ini sebenarnya dilakukan pukul 09.00 WIB molor sampai pukul 10.00 WIB hanya untuk menunggu undangan lain yang belum hadir.

Hal ini bukan dari waktu dan tempat pelaksanaan acara pembukaan KKM ini, tapi rasa persatuan dan tenggang rasa serta saling memiliki dari warga Purwoasri selalu dipupuk dari hati hingga menjadi kebiasaan setiap hari.

Sangat diharapkan melalui acara pembukaan ini, KKM kelompok 6 IKIP bisa dijadikan pelajaran dan lebih menekankan dalam pengabdian masyarakat yang aktif dan tidak memandang satu mata. (lis)