Semangat Pesilat Kalitidu Dalam Peringatan HUT RI Ke 73, Ingatkan Sejarah Pejuang

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Ratusan Pesilat Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, yang tergabung dalam Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) Kecamatan Kalitidu menggelar gerak pencak silat Bersama dilapangan Kecamatan Kalitidu Usai Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke 73 tahun 2018.

Para Pesilat ini dihadapan para tamu undangan dan peserta Upacara secara bersama smaa menggerakan jurus IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), Jum’at (17/8/18).

Kekompakan gerak dan langkah serta semangat yang ditunjukkan ratusan pesilat ini merupakan bagian dari mengingat kembali sejarah para pejuang para pendahulu yang melawan penjanjah guna Indonesia Merdeka.

“pencak Silat juga merupakan salah satu bagian dari upaya untuk perjuangan dalam melawan penjajah, ketika senjata modern tidak dimiliki oleh para pejuang dengan silat mereka juga mampu melumpuhkan lawan lawannya,” Kata Wahyu Ketua Ranting Pencak Silat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Kalitidu.

Selain itu jerih payah para pejuang bangsa ini juga harus selalu diingat bagaimana susah payah dan juga berkorban dengan harta dan keringat, sehingga untuk meneruskan perjuangan Pencak Silat Indonesia harus ikut ambil bagian dengan cara meningkatkan prestasi dan juga melestarikan Budaya Bangsa warisan luhur Nenek Moyang.

“Tidak hanya itu, berjuang dimasa mendatang insan pencak silat juga wajib menjadi pemersatu bangsa dan masyarakat dengan menciptkan kamtibmas dimasyarakat,” Tambah Wahyu.

Dirinya sangat berharap anggota Pencak Silat Khususnya kalitidu dapat menjadi duta perdamaian di masyarakat dan mengingat kembali bahwa warisan Pencak Silat harus bisa menjadi pemersatu bangsa bukan menjadi lawan antar masyarakat, tapi dengan bersatunya pencak silat dengan berbeda aliran dan perguruan justru akan menguatkan bangsa dari rongrongan bangsa lain.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh Para Pesilat yang tergabung dalam BKP Kecamatan Kalitidu diantaranya PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate),  PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo), Margaluyu 151, Pagar Nusa, IKS PI Kera Sakti, Pencak Organisasi, Perisai Diri, Merpati Putih, dan juga beberapa Pencak silat lainnya. (Rum/Red)

Reporter: Arum Sekar