Puluhan Warga Dusun Pencol Mulyoagung Gelar Doa Bersama

oleh -24 views

SUARABOJONEGORO.COM – Banyak acara variatif yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada 17 Agustus. Seperti di Dusun Pencol Tloko Desa Mulyoagung Bojonegoro ini.

Warga RT 08 dan RT 09 tersebut menganggap bahwa 17 Agustus merupakan hari penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sebab, pada saat itu Presiden I, Ir Soekarno, mengumandangkan kemerdekaan Indonesia.

Karena itu, di malam 17 Agustus ini, puluhan warga desa setempat menggelar tasyakuran dan do’a bersama untuk Negeri di halaman salah satu warga. Doa bersama ini dilakukan, Kamis (16/8/2017) malam.

Puluhan warga dusun tersebut, baik laki-laki, perempuan maupun anak-anak mengikuti acara tasyukuran doa secara khusuk. Setelah selesai, dilanjut dengan panjat pinang atau yang lebih di kenal dengan ‘prosotan jambe’ yang diikuti peserta dari berbagai dusun di Desa Mulyoagung.

“Tasyukuran dan doa bersama ini dilakukan atas semua nikmat yang diberikan Allah SWT, terutama nikmat kemerdekaan,” kata Kyai Karjani sebelum memimpin doa bersama dan tahlil.

Tahlil dilakukan, lanjut dia, untuk mendoakan pejuang yang gugur selama peperangan. Baik sebelum kemedekaan maupun proses mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Harus kita isi kegiatan positif selama perayaan kemerdekaan. Jangan hanya hura-hura dan bersenang-senang semata,” ucapnya.

Dwi Kiki Andri Antok, salah satu pemuda setempat mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan semua warga. Sebab, sejak awal Agustus telah bergotong royong membersihkan, menghias jalan dusun dan membuat gapura di RT 08 dan RT 09.

“Termasuk malam ini membuat makanan dalam tasyukuran bersama sama,” katanya.

Selesai tasyukuran dan doa bersama, puluhan warga berbondong-bondong dan bersorak ria untuk melihat dan mendukung peserta panjat pinang yang cukup seru dan menguras tenaga para pesertanya.

Hadiah uang tunai dan beberapa hadiah hiburan disediakan oleh panitia, sehingga semakin membuat peserta bersemangat.

“Terima kasih untuk semuanya, yang sudah memeriahkan HUT Kemerdekaan RI kali ini,” pungkas Ketua RW 03, Suparnoto. (die/yud)