Margomulyo Ethno Carnival 2018 Tampilkan Eksplorasi Budaya & Potensi Lokal Bojonegoro

oleh

Oleh:  Winwin Faiza

SUARABOJONEGORO.COM – Gelaran Margomulyo Ethno Carnival 2018 yang merupakan event karnaval rutin di kecamatan Margomulyo untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun ini mengambil tema Eksplorasi Budaya Lokal Bojonegoro.

Puluhan tim berasal dari tingkat SD, SMK dan umum melakukan parade busana dan kesenian dimulai dari Palkerep hingga Finish di Kecamatan Margomulyo hari ini (15/08). Tema Budaya Lokal diterjemahkan peserta lewat karya-karya apik mengusung berbagai potret kekayaan potensi lokal Margomulyo khususnya dan Bojonegoro pada umunya.

Sebagai contoh penampilan SDN Sumberjo 2 yang mengusung tema “Samin Jaman Now”, mengangkat eksistensi komunitas masyarakat Samin Margomulyo ditengah perkembangan zaman.

Atau SMPN 1 Margomulyo yang mengangkat tradisi Gumbrekan serta mitos Dhadungawuk sebagai sosok monster hutan yang memakan ternak petani. Cerita ini merupakan legenda dibalik tradisi Gumbrekan atau selamatan ketupat di hari tertentu dalam penanggalan Jawa yang masih terus dijaga hingga kini di Margomulyo.

Tak kalah menarik, Karang Taruna Palkerep hadir dengan penampilan bertema Teksas Wonocolo sebagai salah satu potensi lokal Bojonegoro. Iring-iringan peserta menggambarkan pengeboran minyak lengkap dengan para pekerja, loper bensin hingga potret miniatur tempat wisata Teksas Wonocolo. Tak ketinggalan kesenian khas Margomulyo yakni Jaranan juga tampil memeriahkan barisan.

Kasmari, SSTP selaku Camat Margomulyo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terlaksananya karnaval Margomulyo.

“Terima kasih atas partisipasi semua elemen masyarakat Margomulyo sehingga acara hari ini bisa terlaksana dengan baik” ucapnya

Kegiatan ini merupakan sarana untuk menampilkan berbagai kreasi seni, budaya, kostum dan kreatifitas warga Margomulyo.

(*)