,

Hari Pramuka 2018, Pramuka Pererat NKRI

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Menyambut Hari Pramuka 2018, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar upacara Ulang Janji di Taman Air Mancur, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Senin (13/8/2018) malam.

Upacara Ulang Janji dipimpin Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault sebagai Pembina Upacara. Dalam sambutannya, Adhyaksa Dault mengajak para Pramuka terus berbuat baik serta mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, serta mengingat jasa-jasa pahlawan, khususnya pendiri Pramuka.

Mengambil tema “Pramuka Perekat NKRI”, peringatan Hari Pramuka kali ini diikuti ribuan Pramuka dari wilayah Jabodetabek.

1. Ajakan mengabdi bagi negeri

Tahun ini, Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengundang duta besar negara-negara sahabat, khususnya ASEAN. Sekretaris Jenderal Gerakan Kepanduan Sedunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM), hadir ditemani Direktur Pramuka Asia Pasifik, JRC Pangilinan.

Melalui peringatan Hari Pramuka, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengajak sekitar 2000 peserta upacara dan seluruh Pramuka di daerah untuk meningkatkan dedikasi dan kreativitas dalam mengabdi kepada negeri.

Pasalnya, tantangan zaman semakin kompleks. Dibutuhkan cara-cara lebih kreatif mengajak generasi bangsa melakukan hal-hal positif. Dia juga mengajak Pramuka di seluruh Indonesia untuk mengunggah konten-konten positif seputar Hari Pramuka di media sosial dengan tagar #HariPramuka57 #PramukaPerekatNKRI #SetiapPramukaAdalahKantorBerita.

Upaya ini dilakukan agar Pramuka terus punya kesadaran kolektif menjadikan internet semakin sehat.

2. Ragam kegiatan Hari Pramuka

“Ada banyak kegiatan yang diadakan di setiap daerah dalam rangka Hari Pramuka. Untuk itu saya mengimbau kepada adik-adik Pramuka untuk mengabadikan kegiatan Hari Pramuka dengan membuat konten positif lalu sebarkan di media sosial,” ujar Adhyaksa.

Sebelumnya, peringatan Hari Pramuka ini juga diisi dukungan Pramuka menyukseskan perhelatan Asian Games. “Dukungan dari masyarakat seluruh Indonesia tentu akan membawa rasa optimisme kepada para atlet untuk meraih juara,” jelasnya.

Sebelum 14 Agustus 2018, Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengadakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada 5 Agustus 2018 sebagai rangkaian peringatan Hari Pramuka. Tabur bunga dan ziarah kubur juga dilakukan di sejumlah daerah sebagai pembelajaran bagi peserta didik untuk menghargai para pahlawan kemerdekaan NKRI.

Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengadakan donor darah pada 8 Agustus 2018 di Kantor Kwarnas, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dibuka untuk umum. Lalu, ada juga bakti masyarakat.

Senin (13/8/2018) malam, diadakan Ulang Janji, sebuah acara ritual para Pramuka untuk mengikat janji dengan mengucapkan Tri Satya Pramuka.

3. Temu pembina dan pelatih nasional

Selain peringatan Hari Pramuka, Kwarnas juga tengah mengadakan pertemuan para pembina dan pelatih Pramuka tingkat nasional atau Karang Pamitran Nasional (KPN) di Desa Lebakharjo, Malang, Jawa Timur.

Kegiatan berlangsung pada 13-19 Agustus ini diikuti 4500 peserta dari 514 Kwartir Cabang, 34 Kwartir Daerah seluruh Indonesia. Desa Lebakharjo merupakan satu-satunya Desa Pramuka di Indonesia karena di desa tersebut pernah diadakan kegiatan Pramuka tingkat Asia Pasifik.

Desa Lebakharjo pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Asia Pasifik tahun 1978 dan World Community Development Camp 1993.

“Seluruh kegiatan kepramukaan yang diadakan di desa ini telah berdampak sangat positif bagi kehidupan masyarakat setempat sampai desa ini dijuluki Desa Pramuka,” ujar Adhyaksa.

Sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2018/08/14/19281021/hari-pramuka-2018-pramuka-perekat-nkri