Memilih Hewan Qurban Yang Baik

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Hewan yang baik atau terbaik memang dianjurkan untuk qurban. Hewan yang gemuk dan putih itulah yang sering jadi pilihan Nabi Muhammad SAW untuk berqurban, semakin gemuk maka semakin baik.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berkurban dengan dua gibas (domba jantan) putih yang bertanduk, lalu beliau mengucapkan nama Allah dan bertakbir, dan beliau meletakkan kedua kakinya di pipi kedua gibas tersebut (saat menyembelih). Dalam lafazh lain disebutkan bahwa beliau menyembelihnya dengan tangannya (Muttafaqun ‘alaih) . Dalam lafazh lain disebutkan, “Saminain, artinya dua gibas gemuk.” Dalam lafazh Abu ‘Awanah dalam kitab Shahihnya dengan lafazh, “Tsaminain, artinya  gibas yang istimewa (berharga).” Dalam lafazh Muslim disebutkan, saat menyembelih, beliau mengucapkan, “Bismillah wallahu akbar (artinya: dengan menyebut nama Allah dan Allah Maha Besar).” (HR. Bukhari no. 5565 dan Muslim no. 1966)

Mendekati Idul Adha dan Qurban, tentu banyak orang-orang muslim yang ingin berqurban, namun diantara mereka ada yang belum tahu bagaimana memilih hewan qurban yang baik, berikut Tips memilih Hewan Qurban yang Baik :

1. Hewan qurban hendaknya domba, kambing, sapi, kerbau atau unta, seperti yang sudah di syaratkan

2. Memenuhi syarat usia, untuk kambing dan domba minimal 1 tahun, untuk sapi dan kerbau minimal 2   tahun sedangkan untuk unta 5 tahun

3. Hewan qurban harus dalam kondisi sehat. Tidak sedang demam, kurang nafsu makan, kudis, ada eksetra (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare dan lemas

4. Hewan qurban tidak boleh cacat (pincang, buta, daun telingan tidak ada, dll)

Minimal ke 4 poin diatas bisa menjadi rujukan bagi anda ketika inign membeli hewan qurban terbaik. Tips Memilih Hewan Qurban Yang Baik tersebut dimaksudkan agar mempermudah, akan tetapi jika anda masih mengalami kebingungan ada solusi lain untuk membeli hewan qurban yang baik, yaitu dengan mengajak orang yang sudah paham atau membeli hewan Qurban langsung dari peternak.  Kenapa dari peternak? karena biasanya hewan qurban disana di rawat dengan baik,diawasi oleh dokter hewan secara berkala, cek fisik setiap hari, sesuai syariat qurban dan tentunya harga lebih murah jika dibandingkan dengan tengkulak atau makelar.

Setelah memilih hewan qurban terbaik maka tugas anda adalah menyembelih hewan qurban tersebut pada Idul Adha atau hari tasyrik mendatang, tentunya harus sesuai syariat qurban. Jika tidak mampu maka boleh dilimpahkan kepada orang yang lebih mampu dengan catatan shohibul qurban menyaksikan proses penyembelihan tersebut. (*)