Goa Baru Di Semanding Dimungkinkan Jadi Obyek Wisata Baru

oleh

SUARABOJONEGORO.COM, TUBAN – Goa baru yang diketemukan di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, dimungkinkan menjadi objek wisata baru. Goa dengan panjang 214 meter dengan lebar 15 meter tersebut terdapat stalatit yang mengagumkan. Rabu (08/08/18).

 

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein, menyatakan bahwa sebelum menetapkan goa tersebut sebagai objek wisata baru pihaknya dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam serta pakar geologi akan melakukan serangkaian kajian.

 

Sebuah goa sepanjang 214 meter dengan lebar 15 meter ditemukan di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasi ini dimungkinkan menjadi objek wisata baru karena penuh dengan stalagmit yang indah.

 

“Hari ini kami datang untuk mengumpulkan data topologi, geologi, dan kajian lingkungan,” katanya.

 

Wakil Bupati dua periode ini meminta kepada Kepala Desa serta aparat Desa setempat untuk mengamankan goa tersebut. Serta menghentikan aktifitas penambangan. Selain itu untuk lokasi goa yang berada di lokasi lahan warga, pihaknya baru akan membicarakan hal tersebut lebih auh setelah hasil kajian dari lembaga terkait sudah jelas.

 

“Soal lokasi yang berada di lahan warga, nanti kita bicarakan setelah hasil kajian dari lembaga terkait sudah jelas,” ujarnya.

 

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa Sugianto 24 tahun, warga Dusun Krajan Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, bakal ditemukan goa yang tergolong eksotis pada Kamis (2/8/2018) sore. Kini, di lokasi sekitar goa dipasang police line oleh polisi setempat. Tujuannya untuk mengamankan lokasi penemuan goa. Di dalam goa, terdapat tulisan Arab di dinding Goa, ukiran disisi dinding serta patung berbentuk tangan. (Bim/red).

 

Reporter : Bima Rahmat