Disperta Bojonegoro Bagikan Alat Pertanian ke Sejumlah Kelompok Tani

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro membagikan bantuan hibah berupa pompa air, kultifator, serta alat tanam kepada sejumlah kelompok tani di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Selasa (24/7/2018) kemarin.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, Ahmad Jupari menuturkan, bahwa bantuan alat pertanian tersebut diharapkan dapat dipergunakan secara maksimal dengan kelompok tani yang menerima.

“Kita pastikan yang menerima ini adalah kelompok tani yang belum pernah menerima,” katanya saat ditemui di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

Dengan pembagian alat pertanian tersebut, Jupari berharap dapat memaksimalkan kinerja dalam pengelolaan tanah. Alat-alat pertanian tersebut diharapkan dapat membantu kinerja para petani.

“Karena dilapangan tenaga kerja sudah sangat sulit, dengan alat-alat pertanian ini Insya Allah akan sangat membantu petani,” ujarnya.

Saat disinggung terkait maraknya hama tikus yang dikeluhkan oleh para petani, Jupari mengaku, bahwa saat ini tidak ada hama tikus sebab saat ini musim kemarau.

“Kalau hama tikus itu Sporadis sedit-sedikit, tidak banyak itu sudah empat bulan yang lalu, sekarang sudah tidak ada hama tikus, kemarin kita sudah melakukan penaganan seperti gropyokan atau memberikan obat,” jelasnya.

Sedangkan untuk para petani di Kabupaten Bojonegoro, terdapat di wilayah Selatan yang tidak ada sumber air. Selain itu dirinya mengaku jika di tahun 2018 ini untuk musim kemarau mengalami kemajuan.

“Tahun 2017 kemarin itu musim penghujan sampai bulan Juni, untuk tahun 2018 ini awal bulan Mei sudah tidak ada hujan. Jadi ada beberapa yang kekeringan, tapi tidak sampai gagal total,” tambahnya.

Akibat musim kemarau tersebut, Djupari mengakui jika ada penurunan hasil panen sebesar 0,2 kuwintal. (bim/yud)