MPLS, OSIS Masih Dilibatkan

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA/SMK OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) masih dilibatkan, akan tetapi pada materi Upaya Pendidikan Berorganisasi saja, akan tetapi tetap dalam pengawasan dan pendampingan Guru Sekolah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Hanafi, bahwa pelaksanaan MPLS sangat ketat oleh pihak Guru sekolah.

“Yang bertindak menjadi paniti adalah guru sekolah, untuk antisipasi adanya perpeloncoan oleh Senior sekolah,” Kata Hanafi, Senin (16/7/18).

Menurut Hanafi, bahwa MPLS selama lina hari kedepan para orang tua diharapkan bisa mendampingi putra putrinya, agar orang tua juga tahu terkait lingkungan sekolah dan juga kegiatan yang ada di sekolah.

“MPLS ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan (Permedikbud) no.16 tahun 2016,” Jelas Kepala Disdik.

Materi dalam MPLS diantarnya adalah kepramukaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, pengenalan karakter, pengenlan kurikulum hingga memberikan wawasan kebangsaan dan anti radikalisme. “Tidak ada keterlibatan senior sekolah yang dapat mengakibatkan perpeloncoan,” Pungkasnya.

Hanafi berharap dengan kegiatan MPLS ini para siswa baru akan mampu mengikuti kegiatan dengan baik, dan juga menerima materi dari para guru sekolah, sehingga para siswa baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan serta pendidikan sekolah yang baru. (Sas*)

Reporter: Sasmito