Teh Bunga Sepatu, Dipercaya Bisa Sembuhkan Demam

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Bunga Sepatu atau dengan nama latin Hibiscusrosa, adalah satu jenis bunga yang dapat dengan mudah kita jumpai dihalaman sekitar. Selain bentuk bunga yang sangat indah bunga yang satu ini dapat dijadikan minuman teh yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan, menurunkan demam pada tubuh, serta dapat dapat menghambat virus yang berkembang pada tubuh. Minggu (08/17/18).

 

Seperti yang dilakukan oleh Adib Nurdiyanto, slaah satu warga Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro ini. Pembuatan teh ini pertama ia buat saat dirinya melihat banyaknya bunga sepatu yang banyak ia temui di sekitar rumahnya.

 

“Dari situ saya berpikir dan menggagas menjadikan sesuatu yang bermanfaat. Karena tanaman ini, mempunyai banyak kandungan flavonoid yang cukup tinggi,” katanya.

 

Dirinya menjelaskan untuk pengelahan bunga sepatu menjadi teh herbal ini cukup mudah yakni hanya cukup mengeringkan mahkota bunga yang terdapat di bunga sepatu tersebut dengan cara dijemur dibawah sinar matahari. Setelah mahkota bunga tersebut kering selanjutnya direbus dengan dicampur kayu manis serta ditambah dengan gula.

 

“Setelah direbus dan semua bahan tercampur kemudian air disaring dan siap dinikmati,” ujarnya.

 

Selain itu dari produk olahannya tersebut juga dapat bernilai ekonomis, pasalnya hasil prodaknya ini telah terjual hingga keluar Daerah. Dengan memanfaatkan media online lah hasil prodak teh bunga sepatu ini dapat terjual. Rata-rata hasil prodaknya ini setiap harinya mampu terjual 10 hingga 15 botol.

 

“Namun ketika ada kunjungan studi dan pameran bisa laku sekitar 30 hingga 50 botol per hari, dengan harga 5 ribu” tambahnya.

 

Dengan prodak teh herbal berbahan bunga sepatu ini dirinya berharap, teh buatannya ini nantinya dapat menjadi prodak khas dari Desa Mojodeso hingga mampu menembus pasaran hingga luar Kota. (Bim/red).

Reporter: Bima Rahmat