Pilkada dan Sekelumit Cerita Saat Mengawal Kotak Suara

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Gegap gempita Pilkada 2018 belum usai. Para pendukung Pasangan Calon Bupati Bojonegoro dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018-2023 harap-harap cemas. Sebab, rekapitulasi surat suara dari KPU Bojonegoro diperkirakan baru keluar pada awal Juli mendatang.

Hasil rekapitulasi surat suara dari KPU tersebut, bakal melegitimasi Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018-2023. Tak hanya pendukung, Pasangan Calon yang ikut kontestasi Pilbup Bojonegoro juga harap-harap cemas. Tak anyal, nantinya air mata pun bakal berlinang dari masing-masing Paslon.

Meski demikian, dalam pesta demokrasi Pilkada serentak ini, menyisakan cerita heroik dari Aipda Usman dan Brigadir Solikin saat mengawal kotak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Dusun Jubleg Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro, pada Selasa (26/6/2018) lalu.

Untuk sampai di TPS 8 Dusun Jubleg Desa Napis Kecamatan Tambakrejo tersebut, Aipda Usman dan Brigadir Solikin bersama Linmas dan PPS mengawal kotak suara hingga sampai ditujuan. Melewati dua sungai yang menghubungkan Dusun Jubleg dengan Dusun lain yang ada disebelahnya. Tidak hanya melewati dua sungai, moda transportasi ke Dusun Jubleg tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat atau lebih.

Tidak hanya sampai disitu, datangnya hujan dikala mengawal kotak suara hingga sampai di TPS, mengakibatkan jalan menuju TPS yang masih berupa tanah banyak yang becek serta letak geografis perbukitan serta bebatuan kadang kala harus bahu membahu dengan anggota Linmas dan PPS yang ikut mengawal mendorong kendaraan yang motornya yang terjebak lumpur. (red)