Mau Tau Tempatnya Mengisi Wisata Lebaran? Disini Tempatnya

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Liburan lebaran, selain digunakan untuk berkunjung kerumah sanak saudara dan familly, masyarakat kebanyakan juga memanfaatkan untuk berkunjung kelokasi wisata, nah, untuk mengisi liburan dan mencari tempat wisata yang indah dan menarik di Bojonegoro, ada beberapa refrensi yang bisa ditawarkan yaitu berada di wilayah Bojonegoro Selatan.

Bojonegoro Selatan atau lebih tepatnya di Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, ini memang tidak habis dengan berjuta pesonanya. Di Kecamatan yang konon dulunya berupa lautan ini memiliki beberapa titik tempat wisata yang menajubkan. Kawasan hutan dan perbukitan disajikan di Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Nganjuk ini. Minggu (17/6/18).

Menurut keterangan Bang Doel, selaku Ketua pengelola wisata Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, semenjak tahun 2016 yang lalu baru dilaunching tempat wisata, sudah tercatat ribuan pengunjung, khususnya di hari-hari libur.

“Ditahun 2016 baru launching-launching saja, dan di tahun 2017 baru
tumbuh partisipasi masyarakat. Di liburan hari raya (idul fitri.red) tahun 2017 kemarin lebih dari seribu pengunjung. Penghasilan satu bulan diliburan kemarin itu kalau dipukul rata mencapai Rp11 juta perminggu, itu bukit Buton saja”, katanya.

Dirinya menyatakan di Kecamatan Gondang ini ada beberapa titik tempat wisata, namun untuk pengelolaannya belum teroganisir penuh. Sehingga pihaknya tidak dapat mengidentivikasi jumlah pengunjung.

“Karena belum ada tiket masuk, jadi tidak bisa dihitung berapa jumlah pengunjungnya”, ujarnya.

Pria yang kini mencoba mengembangkan budidaya buah strobery ini menuturkan, untuk menigkatkan jumlah pengunjung wisata pihaknya akan menigkatkan gebrakan-gebrakan yang inofatip.

“Untuk tahun 2017, karena bukit Buton sudah dianggap layak, pemerintah dengan memberikan fasilitas toilet, jadi sudah ada kontribusi tapi kurang maksimal”, jelasnya.

Dari data yang dihinpun media suarabojonegoro.com, diantara tempat wisata yang ada di Kecamatan Gondang adalah Dan Ubalan, terletak di Desa Pajeng, Banyu Anget, Banyu Wedang, dan Selo Gajah, yang terletak di Desa Jari, Embung Biru, Gua Gogor, Gunung Lawang, Gunung Kendil dan Gunung Godek, yang terletak di Desa Pragelan, Gunung Jati Gunung Puru, Gunung Watu, Banyu Kuning yang terletak di Desa Krondonan

“Yang baru dirilis ini wisata Embung yang terketak di bawah bukit di Desa Pragelan, yang belum tersentuh oleh Pemerintah itu banyu anget dan banyu wedang”, jelasnya.

Dirinya dan warga Kecamatan Gondang bergarap di tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, untuk lebih serius merespon partisipasi masyarakat Desa. Pasalnya untuk Pemerintah Desa di Kecamatan Gondang ini sudah menjadi niatan untuk mengeksplor tempat-tempat wisata di Kecamatan Gondang ini.

“Tinggal menuggu klik dari Pemkab, soalnya kalau di tahun 2018 ini Pemerintah tidak serius maka kita akan ketinggalan dengan kabupaten Nganjuk”, pungkasnya. (Bim/red).