Kemenag Bersama Ormas Islam Bakal Gelar Rukyatul Hilal

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro bakal menggelar rukyatul hilal di bukit Wonocolo Kecamatan Kasiman Bojonegoro untuk menentukan akhir bulan suci ramadhan pada Kamis (14/6/2018) mendatang.

Rencananya akan dilakukan bersama dengan beberapa Ormas Islam. Seperti yang disampaikan Kasi Penyelenggara Syariah, Kementrian Agama, Kabupaten Bojonegoro, Abudillah Hafidz, Selasa (12/6/2018).

Ia menyatakan bahwa semua persiapan telah dipersiapkan untuk pelaksanaan rukyatul hilal. Selain itu, pihaknya juga telah mengundang kurang lebih 50 undangan.

“Rukyatul hilal akan mengundang sebanyak 50 undangan, mulai dari Kantor Kemenag Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro, Tim Ahli Rukyat, hingga berbagai Organisasi Islam,” katanya kepada SB.com.

Dia menegaskan bahwa kemungkinan posisi Hilal sudah berada diatas ufuk dengan ketinggian hilal 8 derajat. Sehingga dapat dipastikan bahwa 1 Syawal akan jatuh pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2018.

“Kemungkinan umat muslim dari Nahdhatul Ulama maupun Muhammadiah akan bersamaan har raya Idul Fitri,” ujarnya.

Meski demikian, untuk penentuan 1 Syawal tetap menuggu pengumuman resmi dari Kementerian Agama Pusat. Sebab, keseluruhan Tim BH dari beberapa wilayah di Indonesia juga elaksnakan pemantauan posisi letak hilal.

“Dan akan melaporkannya ke Kantor Kemenag Pusat,” pungkasnya. (bim/yud)

Reporter : Bima Rahmat

Editor : Wahyudi