Tips Agar Tak Bau Mulut Saat Berpuasa

oleh
Ilustrasi

SUARABOJONEGORO.COM – Salah satu permasalahan umum saat menjalankan ibadah puasa adalah bau mulut tak sedap. Hal ini bisa disebabkan kondisi-kondisi tertentu.

Misalnya, adanya masalah gigi atau dehidrasi. Beberapa langkah dapat dilakukan untuk meminimalisasi bau mulut saat berpuasa. Salah satunya adalah rutin menggosok gigi.

Dokter Spesialis Ortodonti sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Nada Ismah menjelaskan tips tersebut. Menurut dia, rutinitas sikat gigi orang saat berpuasa tak berbeda dengan di hari biasa, yakni minimal dua kali sehari pada waktu setelah sahur dan sebelum tidur.

“Jadi tipsnya adalah sikat gigi, khususnya setelah sahur karena khawatir ada makan terselip,” kata Nada.

Ia menambahkan, salah satu penyebab bau mulut adalah adanya sisa-sisa makanan atau ada gigi yang membusuk. Itulah mengapa sikat gigi juga perlu dilakukan sebelum tidur.

Selain agar tak meninggalkan sisa makanan, dikhawatirkan aliran saliva menurun pada saat tidur. Saliva adalah cairan oral kompleks tak berwarna, yang terdiri atas campuran sekresi dari kelenjar ludah besar dan kecil yang ada pada mukosa oral.

Sebab ternyata, orang-orang yang memiliki banyak saliva berisiko lebih rendah memiliki lubang gigi. Di samping itu, masalah bau mulut juga bisa muncul karena masalah gigi lainnya. Misalnya, lubang gigi yang kemasukan makanan.

Itulah pula yang menjadi alasan mengapa pergi ke dokter gigi menjadi hal yang perlu dilakukan sebelum menghadapi Bulan Ramadhan. “Kita harus cek jangan-jangan ada lubang gigi yang kemasukan makanan lalu ada pembusukan. Atau ada peradangan, gusi bengkak, karang gigi,” tutur dia.

Saat menjalankan ibadah puasa, terutama di Bulan Ramadhan penting pula untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pastikan kita meminum air yang cukup pada waktu sahur dan berbuka. Untuk menghilangkan bau mulut, penggunan obat kumur juga bisa menjadi opsi.

Namun, Nada mengingatkan agar kita selalu membaca kandungan di dalam produk yang digunakan. “Kadang harus dipilih juga, takutnya obat kumurnya mengandung alkohol sehingga dapat membuat mulut jadi kering,” kata Nada. (red)

Sumber: Kompas.com