Kekurangan PNS, BKPP Bojonegoro Usulkan 600 Formasi

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bojonegoro, sampai saat ini belum mengetahui jumlah formasi CPNS yang disetujui KemenPAN-RB.

Namun, untuk penerimaan CPNS tahun ini mengusulkan 600 formasi yang terdiri dari tenaga pendidikan, kesehatan, tenaga teknis dan bidang-bidang lainya.

“Kami belum bisa memastikan pada tahun ini ada perekrutan CPNS atau tidak. Kalau pada tahun kemarin Bojonegoro juga tidak ada perekrutan CPNS,” kata Kepala BKPP Kabupaten Bojonegoro Zaenudin beberapa waktu lalu.

Meski telah mengusulkan 600 formasi namun pihaknya belum bisa menutupi kekurangan pegawai termasuk tenaga pendidikan. Sebab, sampai saat ini dari hasil pendataan sampai bulan Mei 2018, Pemkab hanya memiliki sekitar 9.000 PNS.

Sementara itu untuk kebutuhan ideal sebuah pemerintahan di tataran Kabupaten/Kota total membutuhkan sekitar 16.000 PNS. “Berarti Pemkab Bojonegoro masih kekurangan sekitar 6000 PNS dan setiap bulannya ada sekitar 30 PNS yang purna,” jelas Zaenudin.

Untuk mengatasi kekurangan itu, BKPP menekankan agar PNS memanfaatkan teknologi terutama IT. Sebab, pemanfaatan IT sangat berpengaruh untuk membantu dan memudahkan pekerjaan para PNS, serta melengkapi kekurangan dari PNS yang ada.

“Sebenarnya kekurangan PNS tersebut lumayan berpengaruh, tetapi kami menginstruksikan para PNS yang ada agar bisa mengoprasikan IT,” pungkasnya. (die)

Reporter: Wahyudi