Pemkab Bojonegoro Raih WTP, Ini Kata Pj Bupati

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Opini WTP terhadap penilaian kinerja pengelolaan keuangan dan asset Pemerintah Kabupaten Bojonegoro merupakan prestasi yang sangat membanggakan.

“Ini terkait upaya untuk mewujudkan Good Governance yang tujuan akhirnya adalah terwujudnya Clean Governance,” kata Pj Bupati Bojonegoro Dr Suprianto SH MH kepada SuaraBojonegoro.com, Jumat (01/6/2018) malam.

Hal ini merupakan hasil dari komitmen dan kerjasama serta kerja keras dari seluruh jajaran DPRD, Dinas atau Lembaga Pemkab Bojonegoro. Juga hasil bimbingan BPK RI Perwakilan Jatim, sehingga mendapat Penilaian WTP.

Langkah-langkah strategis dalam pengelolaan keuangan daerah untuk mewujudkan WTP, antara lain dilakukan dengan membangun komitmen bersama DPRD Kabupaten Bojonegoro dan para Pengelola Keuangan di Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Diantaranya, dalam penyusunan anggaran, perubahan anggaran, pelaksanaan anggaran, pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah, dan proses pengadaan barang dan jasa dilakukan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku serta pengendalian intern.

Pengelolaan asset juga ditempuh dengan peningkatan pengetahuan dan profesionalisme para pengelola barang daerah melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pengelolaan barang daerah yang diikuti oleh seluruh pengurus barang dan pejabat penatausahaan keuangan SKPD.

“Serta penyelenggaraan bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah,” ujarnya menjelaskan.

Pada akhirnya mendapatkan hasil. Di bulan Ramadhan ini Pemkab Bojonegoro mendapat berkah mendapatkan penilaian WTP dari BPK.

“Namun, kita tidak boleh puas diri sampai di sini, selanjutnya kita harus mampu mempertahankan prestasi yg sudah kita capai untuk tahun-tahun mendatang,” imbuhnya. (yud)

Reporter: Wahyudi