Cegah Kebakaran, Perhatikan Tips Ini Saat Mudik

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Mudik, merupakan rutinitas umat Muslim setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Khususnya bagi mereka yang bekerja atau dalam perantauan.

Berkumpul dengan sanak saudara atau bahkan menikmati liburan saat lebaran, menjadi hal yang mengesankan. Namun bagi anda yang hendak mudik, maka perhatikan hal-hal berikut untuk mengantisipasi kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Bojonegoro, untuk selalu waspada terhadap bencana kebakaran rumah saat ditinggal mudik oleh penghuninya.

Kepala Seksi kebakaran BPBD Kabupaten Bojonegoro, Sukirno memberikan beberapa tips agar rumah selalu aman saat akan ditinggal mudik. Dantaranya, mematikan semua aliran listrik dan alat elektronik, serta mencabut semua stiker dari colokan listrik untuk menghindari terjadinya konseling seperti AC, TV, kulkas dan lain-lain.

“Jika mudik cukup lama, kosongkan isi lemari es atau kulkas,” kata Sukirno menjelaskan.

Selain itu, matikan semua lampu ruangan atau gunakan lampu LED dengan sensor otomatis yang dapat diatur waktunya. Agar lebih aman, lepas regulator dari tabung gas. Tutup tabung gas dengan rapat serta simpan tabung gas ditempat yang aman dan terlindung dari paparan sinar matahari.

“Jika anda perokok aktif, pastikan bara api pada puting rokok yang dibuang sudah benar-benar padam,” ujarnya.

Jika terjadi potensi kebakaran, segera hubungi Dinas Pemadam Kebakaran atau Pos Bantu terdekat. “Tidak dipungut biaya atau gratis pada saat pemadaman,” pungkasnya. (bim/yud)

Berikut adalah nomor yang dapat dihubungi apabila terdapat bencana kebaran :

a. Dinas Pemadam : 082330668443
b. Pos Baureno 08113471446
c. Pos Temayang 08113471447
d. Pos Padangan 08113471448
e. Pos Kedungadem 08113487037
f. Pos Sekar 08113487038
g. Pos Ngambon 08113487039

Reporter: Bima Rahmat

Editor: Wahyudi

No More Posts Available.

No more pages to load.