Tanaman Padi Diserang Tikus, Petani Merugi

oleh -
oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Puluhan Hektar Tanaman Padi di beberapa Desa di Kecamatan Sumberrejo diserang hama tikus, hasilnya banyak tanaman padi yang akan mengalami gagal panen akibat kejadian tersebut.

Serangan hama tikus ini terjadi diarea persawahan di Desa Sambongrejo, Pejambon, dan beberapa Desa lainnya, dengan kondisi tanaman padi rusak, serta kering.

“Satu sawah hampir sebagian diserang hama tikus, bahkan ada yang satu sawah semua tanaman diserang hama tikus,” Tutur Sadar salah satu petani asal Sambongrejo, Minggu (27/5/18).

Dijelaskan juga serangan hama tikus ini terjadi sejak tanaman padi usia 3 minggu, dan hasilnya petani terancam gagal panen dan merugi.

“Masing mending ada yang dipanen, bahkan ada satu sawah yang tidak bisa dipanen karena hama tikus,” Lanjut Sadar.

Dengan kondisi demikian, petani sangat berharap ada solusi dari pemerintah untuk bisa membantu menanggulangi hama tikus yang menyerang tanaman padi ini. Sehingga membuat petani merugi dan bahkan tidak panen sama sekali.

Diterangkan oleh Jiman petani yang lain, bahwa hama tikus ini kebanyakan menyerangnya pada malam hari, sehingga petani merasa kesulitan menanganinya, bahkan berbagai obat obatan digunakan namun juga tidak mempan. (Sas*)

  1. Reporter: Sasmito

No More Posts Available.

No more pages to load.