Tetap Bugar dan Sehat Saat Menjalankan Puasa

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Menjalankan ibadah puasa adalah ibah wajib bagi seluruh umat Islam. Namun menahan lapar dan haus bukanlah alasan buat kita untuk bermalas malasan, terlebih dalam menjaga kebugaran tubuh agar tetap bugar dalam menjalankan Ibadah puasa. Sabtu (26/05/18).

Slamet Harianto, salah satu Instruktur kebugaran disalah satu GYM, di Kabuoaten Bojonegoro, memberikan tips agar ibadah puasa kita tetap lancar dan tubuh kita tetap dalam bugar. Diantaranya adalah saat menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk makan makanan yang tingi kalori (nasi putih.red) secukupnya atau yang tergolong lambat serap.

“Jadi awet kalori sampe sore, seperti ubi-ubiam atau nasi merah, di tambah buah pisang matang 1potong besar dan hindari makan berlemak karna ini akan menjadikan susu tubuh panas di siang hari terutama karena tubuh mulai mengolah makanan untuk dijadikan sumber tenaga, tentunya air putih yang cukup” katanya.

Pria yang sekaligus atlit binaraga ini juga menuturkan sedangkan untuk olahraga tetep dianjurkan. Hal ini agar tetap menjaga kebugaran dan kesehatan. Pria yang berprofesi sebagai anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bojonegoro ini menuturkan bahwa, waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan suci Ramadhan adalah sore hari adalah waktu yang paling tepat.

“Untuk olahraga bisa dilakukan sehingga intensitas ringan, maksimal sampe sedang. Bisa dengan jalan kaki, Yoga atau Fitness, yakni angkat beban yang ringan-ringan selama 30 menit,” ujarnya.

Sedangkan saat menjelang buka puasa, sangat dianjurkan makanan dan minuman yang manis, hal ini untuk mengembalikan gula darah supaya kembali normal. Menu yang ringan yang tepat adalah dengan jus buah manis tanpa gula. Hal ini supaya pencernaan tidak kerja berat setelah seharian tidak terisi makanan.

“Porsi jangan terlalu besar juga, baru setalah 1jam minimal atau setelah Sholat Tarawih baru makan menu berat atau makan utama seperti nasi, buah dan sayur sangat di anjurkan supaya tercukukupi kebutuhan gizi seimbang,” tuturnya.

Sedangkan untuk olahraga sendiri hindari aktivitas cardio, seperti berlari, bersepeda dengan durasi panjang, sepak bola, futsal, basket.

“Karna selain menguras tenaga juga akan memaksa tubuh mendinginkan suhu yang panas dengan keluarnya cairan yang berlebih,” pungkasnya. (Bim/red).

 

Reporter: Bima Rahmad