Angka Pengangguran Tinggi, Ini Solusi Anna-Wawan

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Calon Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dan Budi Irawanto menilai angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro masih tinggi.

Karena itu beberapa program sudah dicanangkan untuk mengurangi angka pengangguran tersebut. Salah satu programnya adalah mengembangkan sektor wisata.

“Jika industri disektor wisata berkembang, akan mengangkat industri lainnya,” kata salah satu Tim Pemenangan Paslon Anna-Wawan, Dhani El Hadi, Minggu (13/5/2018).

Secara global, Dhani menilai, industri terbesar yang berkembang saat ini adalah industri sektor wisata. Hal ini bisa dilihat ketika turis berwisata di Indonesia tujuan utama yang dipilih adalah Bali.

Sedangkan di kawasan Jawa adalah Solo dan Jogjakarta. Di dua tempat itu, kata Dhani, industri kreatif ikutannya akan mengikuti.

“Bisa jadi alur wisata di Jawa, setelah dari Solo, Jogjakarta kemudian ke Bojonegoro dan terakhir dengan tujuan Surabaya,” jelasnya.

Pengembangan industri wisata sekarang sudah dilakukan. Seperti di Kabupaten Banyuwangi yang secara geografis dekat dengan Bali itu sekarang akan dikembangkan sebagai studio alam untuk pasar film Hollywood.

“Bojonegoro bisa dikembangkan dalam bentuk industri kreatif dan juga potensi wisata sumber daya alamnya. Jika sudah bisa diangkat potensi yang ada seperti itu maka pengangguran sudah bisa teratasi,” ucapnya.

Salah satu potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Bojonegoro, wisata alam Geoheritage Wonocolo yang mengeksplor penambang minyak mentah tradisional.

Selain itu ada wisata alam Atas Angin, di Kecamatan Sekar, Waduk Pacal, Kahyangan Api, dan wisata gerabah di Malo serta kerajinan bonggol kayu jati. [bim/yud]

Reporter: Bima Rahmat

Editor: Wahyudi