Presiden Jokowi Buka Pameran dan Konvensi IPA Untuk Pertama Kalinya

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Presiden RI, Joko Widodo, membuka langsung pameran dan konvensi Indonesian Petrolium Association (IPA) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (02/05/18).

Joko Widodo mengatakan, geliat industrialisasi di Indonesia sudah sangat lama. “Untuk itu mari kita meningkatkan iklim investasi di Indonesia,” katanya.

Saat ini yang menjadi kendala para investor enggan investasi di Indonesia, kata Jokowi, disebabkan adanya regulasi yang rumit atau berbelit-belit.

“Sehingga, para investor enggan investasi,” ucapnya menjelaskan.

Karena itu, pihaknya membuka ruang investasi dan mempermudah para investor untuk investasi Migas di Indonesia. Lalu, Joko Widodo, mencabut regulasi Migas yang dinilai berbelit-belit.

“Regulasi kok terlalu jelimet, kita cabut saja itu. Harapannya para investor melirik untuk inves,” tandasnya.

Dalam laporannya, 5 dari 10 besar perusahaan di dunia dengan revenue tertinggi adalah perusahaan Migas. Salah satunya adalah ExxonMobil dan Petrochina yang saat ini beroperasi di Bojonegoro.

Sementara, Presiden Indonesian Petrolium Association (IPA), Ronal Gunawan mengatakan, iklim investasi Migas di Indonesia semakin membaik. Realisasi investsi tahun ini sekitar Rp 14,2 $ US.

“Beberapa bulan terakhir arahnya memang positif,” katanya.

Ia menilai, industrialisasi Migas harus kompetitif suapaya menarik para investor. Selain itu, pihaknya juga memonitor industrialisasi Migas di Negara tetangga.

“Dengan begitu, kita dapat meningkatkan daya saing kita,” katanya.

Acara tersebut, dihadiri beberapa menteri kabinet kerja. Diantaranya, Menteri ESDM, Ignasius Jonan. Menko Kemaritiman, Luhut B Panjahitan.

Selain itu, konvensi ini berlangsung 2 hingga 4 Mei 2018. Berbagai pameran dari perusahaan Migas pun juga turut meramaikan konvensi tersebut. (yud/red)

 

Reporter: E Jamil Wahyudi