Dinas PU Berikan Pelatihan Teknik Kontruksi Bagi Kontraktor

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Bertempat di Aula Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Bojonegoro, tenaga Teknis yang dimiliki Oleh rekanan atau kontraktor di Bojonegoro, mengikuti pelatihan Tenaga Terampil kontruksi untuk peningkatan kapasitas para teknisi agar dalam pelaksanaan pekerjaan proyek bisa dilaksanakan sesuai dengan standar pekerjaan yang diharapkan, Kamis (26/4/18).

Sekitar 50 tenaga teknis Kontraktor di Bojonegoro diberikan bimbingan dan pelatihan oleh para instruktur dari Kementrian PU, Dengan Instruktur dari LPJK (Lembaga pelatihan jasa kontruksi) Jawa Timur. Dan dari peserta ini nantinya akan mendapatkan sertifikat dari pelatihan yang digelar selama tiga hari kedepan.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah, terkait penanganan pekerjaan teknik kontruksi Baja, juga sistem pelaksanaan, perencanaan, serta SOP sebagai pekerja teknik dalam sebuah pekerjaan proyek.

Selain teori, para peserta pelatihan juga langsung melaksanakan kegiatan pelatihan praktek dilapangan untuk bisa lebih paham dengan detail dari teori yang diberikan oleh pelatih.

Tampak para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena pelatihan seperti ini jarang ada, sehingga dimanfaatkan oleh peserta dengan sungguh sungguh saat mengikuti arahan para pelatih.

“ini kesempatan yang baik bagi saya dan teman teman dalam untuk meningkatkan kami dalam pekerjaan teknik kontruksi, dan hal ini sangat bermanfaat sekali bagi kami para Kontraktor, untuk melaksanakan pekerjaan teknik dengan baik, ” Papar Eko salah satu rekanan di Bojonegoro.

Kepala Dinas PU Cipta Karya, Andi Tjandra menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kapasitas para tenaga teknis yang dimiliki para kontraktor, dengan harapan dalam setiap pekerjaan mereka dilaksanakan sesuai teknis.

“Mereka juga dibekali berbagai teknik lainnya, seperti pekerjaan yang harus dilakukan sesuai standart SOP, serta melaksanakan pekerjaan dengan baik dan benar,” Jelas Andi Tjandra.

Selain itu menurut Andi Tjandra, bahwa pelatihan tersebut juga sebagai sarana dan memberikan wadah bagi para kontraktor di Bojonegoro untuk memiliki tenaga teknis yang handal untuk setiap Pekerjaan kontruksi Sehingga dalam setiap pekerjaan tidak ada kendala saat pelaksana.

“Para peserta diberikan pelatihan lengkap soal teknik kontruksi selama tiga hari dan nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatihan teknik kontruksi,” Pungkas Andi Tjandra. (Nik/Red*)

Reporter: Tata Monika