Penyebab Ambrolnya Jembatan Babat-Widang Masih Diselidiki

oleh -65 views

TUBAN, SUARABOJONEGORO.COM – Penyebab putusnya jembatan penghubung Kabupaten Tuban dan Kabupaten Lamongan, Selasa (17/04/18) lalu, hingga kini masih diselidiki pihak pusat.

Meski demikian, dugaan awal penyebab ambrolnya jembatan yang memakan korban jiwa tersebut dikarenakan usia jembatan yang tidak lagi mampu menahan beban kendaraan yang melintas. Diduga melebihi kapasitas beban jembatan.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Bambang Soedjatmiko menjelaskan, bahwa jembatan penghubung Kecamatan Widang dan Babat tersebut dibangun pada tahun 1982 dan 1983.

“Jembatan ini, saya ingat itu dibangun sekitar antara tahun 1982 dan 1983. Padahal, usia ideal jembatan itu kan kisaran 25 tahun,” katanya.

Namun, dia tak ingin spikupasi terkait ambruknya jembatan tersebut. Menurutnya, faktor beban muatan berlebihan juga dapat menjadi faktor. Pasalnya, jembatan diperkirakan berusia 30 tahun tersebut hanya mampu menahan beban sekitar 8 ton hingga 10 ton.

“Sebab, jembatan ini kan hanya mampu menahan beban sekitar 8 hingga 10 ton saja. Tapi untuk lebih pastinya, kita menunggu hasil penyelidikan dan investigasi tim dari pusat saja,” pungkasnya. (bim/yud)

Reporter : Bima Rahmat

Editor : Wahyudi