Satgas Nusantara, Karumkit Bhayangkara Bojonegoro beri Penyuluhan Kesehatan

oleh
FOTO: Karumkit RS Bhayangkara Bojonegoro, Kompol Rommy Sebastian saat memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

SUARABOJONEGORO.COM – Dalam rangka kemitraan Satgas Nusantara, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegoro, Kompol dr. Rommy Sebastian, M.Kes bersama Kasat Binmas Polres Bojonegoro AKP Sujono, anggota RS Bhayangkara dan Urkes Polres Bojonegoro melakukan bakti sosial dan cek kesehatan di Pendopo Kecamatan Ngasem, Kamis (12/04/18)

Acara tersebut dihadiri Camat Ngasem, Mahmudi, Kapolsek Ngasem AKP Dumas Barutu, Danramil Ngasem Kapten Agung Iryanto dan tokoh agama, kepala KUA, kepala Puskesmas Ngasem, kepala desa se Kecamatan Ngasem, ibu Bhayangkari Anak Cabang Ngasem, Persit Ngasem dan ibu Penggerak PKK se Kecamatan Ngasem.

Kasat Binmas Polres Bojonegoro, AKP Sujono mengatakan, bahwa baksos dan penyuluhan kesehatan ini merupakan kemitraan Satgas Nusantara bekerjasama antara RS Bhayangkara dengan Polres Bojonegoro. Agenda penyuluhan kesehatan dan baksos ini juga sudah dilakukan di beberapa kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Ngambon, Sekar, Gondang, Kedewan dan Kasiman.

AKP Sujono menegaskan, agar semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat menciptakan suasana kondusif. Pihaknya berpesan kepada seluruh undangan yang hadir supaya membantu menciptakan suasana kondusif di masyarakat dan ikut serta memerangi berita hoax.

“Apalagi beberapa bulan lagi momen menjelang pilkada serentak, banyak orang yang tidak bertanggung jawab menyebar hoax tanpa konfirmasi terlebih dahulu, ujaran kebencian dan hoax ini yang harus di waspadai menjelang Pilkada 2018,” tuturnya.

AKP Sujono menambahkan, agar semua pihak yang hadir bener-bener ikut berperan di masyarakat mensosialisasikan Pilkada 2018 kondusif. Diakhir sambutanya, AKP Sujono beserta undangan yang hadir mendeklarasikan mendukung Polri membrantas berita hoax.

Acara dilanjut penyuluhan kesehatan yang disampaikan Kepala RS Bhayangkara Bojonegoro, Kompol dr. Rommy Sebastian, M.Kes. Dalam materinya mengatakan, bahwa kegaiatan program penyuluhan sudah dilakukan dibeberapa kecamatan di wilayah Bojonegoro. Diantaranya, di Kecamatan Ngambon, Sekar, Gondang, Kedewan, Kasiman.

Kompol Rommy berharap, penyuluhan kesehatan ini, semua yang hadir dan yang sudah dilakukan agar sadar terhadap pentingnya kesehatan bagi tubuh. Supaya menyayangi kesehatan diri masing-masing.

Dokter Rommy menerangkan penyakit kanker serviks. Sebab, setiap perempuan berisiko terkena HPV. Selain itu, Dokter Rommy juga menyampaikan penyebab kanker serviks dan gejala kanker serviks.

“Gejala gejala kanker serviks diantaranya, kaki bengkak, nyeri punggung, mens tidak teratur, berat badan turun, apabila mengali hal-hal demikian diharapkan segera periksa ke dokter,” kata Dokter Rommy.

Pihaknya berharap, acara tersebut membawa manfaat bagi masyarakat Bojonegoro. Sehingga, dapat terhindar dari penyakit tersebut. “Semoga dengan ini bermnfaat buat bapak dan ibu, sudah mulai saatnya berbenah diri supaya cepat bertindak untuk kesehatan,” pungkasnya. (lis/yud)