Masyarakat Bojonegoro Diminta Proaktif Periksa DPS

oleh
Ilustrasi google.com

SUARABOJONEGORO.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, meminta masyarakat Bojonegoro proaktif mengecek daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2018.

KPU setempat mengumumkan salinan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 ke seluruh desa se Kabupaten Bojonegoro.

Pengumuman DPS itu, sejak Sabtu (24/03/18) lalu.

“Diharapkan masyarakat proaktif mencermati namanya di DPS, kemudian melapor dan mendatangi petugas PPS jika belum terdaftar, atau terdaftar tetapi ada kesalahan data dirinya,” kata Arif Affandy, Kasubag Program dan Data KPU Kabupaten Bojonegoro, Rabu (28/03/2018).

Arif menjelaskan, bahwa proses awal pemutakhiran data dan daftar pemilih, penyelenggara terdiri dari PPK, PPS dan PPDP bertindak aktif mendatangi masyarakat pemilih dari rumah ke rumah calon pemilih. Dimulai coklit serentak 20 Januari dilanjutkan coklit oleh PPDP hingga 18 Februari 2018.

“Proses ini adalah proses yang panjang untuk memperoleh data pemilih berkualitas yakni akurat dan komprehensif,” ucapnya.

Selama sepuluh hari, mulai tanggal DPS diumumkan hingga 02 April 2018 mendatang, segala masukan dan koreksi dari masyarakat yang masuk akan dijadikan landasan perbaikan DPS menuju DPT (daftar pemilih tetap) yang akan direkap sampai tingkat kabupaten/kota 11 sampai 12 April 2018 mendatang.

“Untuk itu, kepada masyarakat yang nama atau anggota keluarganya belum terdaftar, agar yang bersangkutan segera melapor ke anggota PPS di Desa tersebut,” pungaksnya.

Termasuk jika mengetahui ada tetangganya yang sudah tidak memenuhi syarat sebagai pemilih masih terdaftar, seperti meninggal dunia, berusia dibawah 17 tahun, belum menikah, anggota TNI/Polri dapat disampaikan kepada PPS. (ron/yud)

Reporter : Sya’roni

Editor : Wahyudi