Internet Gratis Katrol Kunjungan Wisata

oleh

SUARABOJONEGORO.COM – Penggunaan jaringan wifi di lokasi obyek wisata di Bojonegoro, Jawa Timur, telah menjadi kebutuhan. Para pengelola wisata pun berharap ada pembangunan wifi gratis untuk menarik pengunjung.

Pengelola wisata Kahyangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Sadji, mengatakan, membutuhkan spot wifi gratis untuk memanjakannya pengunjung. Selama ini sudah memiliki rencana menambah jaringan internet di lokasi wisata api abadi tersebut.

“Sudah mengajukan ke Pemkab tapi belum diberikan,” ujar pria berusia 40 ini kepada wartawan, Sabtu (17/3/2018).

Dia memastikan apabila ada wifi gratis akan semakin membantu para wisatawan yang ingin menggunakan media sosial (Medsos) atau berkomunikasi secara online.

“Apalagi jika disediakan Pemkab, dan tidak perlu bayar, pasti minat wisatawan untuk datang ke sini semakin meningkat,” imbuhnya.

Menurut Sadji, di zaman sekarang ini internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat, terutama wisatawan. Mereka tentu ingin segera memposting fotonya di Medsos saat berada di lokasi wisata.

“Secara tidak langsung wisatawan ini ikut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Bojonegoro,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap kepada Bupati terpilih mendatang untuk bisa merealisasikam spot-spot wifi gratis di lokasi wisata yang memberikan dampak positif bagi kemajuan dunia pariwisata.

Setiap harinya, pengunjung Kahyangan Api bisa mencapai 50 orang lebih. Sementara pada hari minggu atau hari libur lainnya, meningkat hingga 100 persen lebih atau mencapai 150 orang.

Harapan sama juga disampaikan Darto (50), pengelola Tirta Wana Dander, Kecamatan Dander. Dia sangat mendukung jika ada pemasangan wifi gratis di obyek wisata.

“Sangat setuju,” ujarnya.

Apabila ada konsep wisata berinternet gratis, maka bisa dipastikan jumlah wisatan meningkat. Mereka membayar tiket masuk dengan harga relatif murah, sudah mendapat fasilitas wifi gratis.

Darto berharap, Bupati Bojonegoro terpilih mendatang tidak melupakan jika dunia Tekhnologi Informasi itu akan semakin akrab dengan kehidupan masyarakat, terutama wisatawan.

“Sangat berharap sekali, Bupatinya nanti paham tekhologi dan bisa memasangkan wifi gratis di sini, dan wisata lokal lainnya di Bojonegoro,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, salah satu Calon Bupati (Cabup) Bojonegoro, Soehadi Moeljono, menyatakan, pemasangan wifi gratis di obyek wisata Bojonegoro ini sebagai upaya mengembangkan, dan majukan sektor pariwisata.

“Ini sudah menjadi program kami ke depan,” tegas Pak Mul, sapaan akrab Soehadi Moeljono.

Pembangun wifi gratis ini, lanjut Pak Mul, untuk lebih mengenalkan destinasi wisata dan produk khas Bojonegoro secara ekstensif dan intensif kepada komunitas internasional melalui pendekatan promosi internet, dan promosi kreatif lain. Semakin meningkatnya kunjungan wisatawan akan menghidupkan sektor jasa, dan membuka peluang usaha dan kerja bagi masyarakat Bojonegoro.

“Karena itu mari kita tata bersama dan bersinergi agar dunia pariwisata semakin maju dan dikenal masyarakat luas,” pungkas Cabup yang berpasangan dengan Kader NU, Mitroatin ini. (yud/red)