Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Bojonegoro Diminta Waspada

oleh
FOTO : Jalan poros Kecamatan Sukosewu terndam air akibat banjir bandang. Disebabkan curah hujan tinggi.

SUARABOJONEGORO.COM – Berdasarkan surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang nomor : KT.304/027/KLMG/II/2018 diperkiraan, kondisi cuaca hujan bulan Maret hingga Mei 2018 Kabupaten Bojonegoro bakal diguyur hujan degnan intensitas lebat.

“Karena itu, masyarakat kami minta untuk waspasa,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiarto.

Ia menjelaskan, prakiraan curah hujan untuk Kabupaten Bojonegoro pada bulan Maret curah hujan 301 – 400 mm dengan curah hujan diatas normal 116 sampai 150 persen. Artinya, bulan ini sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas lebat selama 10 sampai 20 hari dalam satu bulan.

lalu, pada bulan April curah hujan 201 – 300 mm diatas normal 116 hingga 150 persen. Pada bulan April mendatang, sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan .

Kemudian, pada bulan Mei curah hujan 51 – 100 mm. “Di bulan Mei, curah hujan normal yakni di bawah 85 hingga 115 persen,” ucapnya. Pada bulan tersebut, sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami hujan dengan intensitas ringan sampai sedang selama 10 hingga 20 hari dalam satu bulan.

“Masyarakt Bojonegoro dihimbau untuk waspada dan hati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan, seperti banjir bandang, tanah longsor genangan air yang mengakibatkan jalan rusak, pohon tumbang dan licin,” imbuhnya. (yud/red)

Reporter : Wahyudi