Tahapan-Penghitungan Suara Pilkada Diminta Transparan

oleh
Foto Humas Pemkab Bojonegoro

SUARABOJONEGORO.COM – Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Syukur Priyanto, meminta transparansi semua tahapan Pilkada 2018. Mulai dari anggaran, proses verifikasi, penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati Bojonegoro 2018 hingga penghitungan surat suara dan pengumuman.

“Haus mudah diakses oleh publik, dan jangan sampai ditutup-tutupi” katanya saat rapat koordinasi desk Pilkada serentak tahun 2018 di ruangan productif room dilantai 7 Pemkab Bojonegoro beberapa hari lalu.

Untuk pelaksanaan kegiatan paslon, lanjutnya, sudah melekatkan malprin. Sudah lancar dan termonitor. Jika memungkinkan, alat peraga kampanye dalam waktu dekat harus sudah ada.

Data yang dihimpun suarabojonegoro.com, rapat koordinasi tersebut membahas desk Pilkada serentak 2018. Diharapkan, desk pilkada tersebut dapat memberikan data mengenai perolehan suara untuk kepentingan internal pemerintah.

Sekretaris Kesbangpol Bojonegoro, Kusbianto menyatakan tugas hingga potensi desk pilkada, pejabat baru harus bisa mengevaluasi tugasnya dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Ketua KPU Bojonegoro, Abdim Munib menyampaikan, tahapan Pilkda adalah bentuk sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat. “Untuk bahan kampanyenya sudah siap, juga untuk lokasi rapat terbuka sudah ditetapkan titik lokasinya. Pelaksanaan pemilu akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang, sehingga nantinya semua masyarakat turut serta untuk membantu pelaksanaan pilkada,” terangnya.

Sedangkan, Bupati Bojonegoro Suyoto menambahkan, mekanisme pemberitahuan kampanye dan lain sebagainya harus dibuat simpel dan cepat. “Yang diperlukan disini, adalah mekanisme pemberitahuan kampanye harus dibuat sesimpel mungkin dan cepat, sebab kita hidup di zaman now yangg ternologi sudah mulai canggih-canggih,” imbuhnya. (yas/yud)

Reporter : Hestu Widiyastana